Sel Napi Lapas Kedungpane Digeledah, Sipir Temukan Pisau Lipat dan Charger

Lapas Kedungpane cegah gangguan keamanan saat Natal

Semarang, IDN Times - Sejumlah sipir Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang menggeledah seluruh sel tahanan narapidana untuk mencegah tindak kejahatan selama momentum Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kepala Lapas Kelas IA Kedungpane, Supriyanto menyatakan, proses penggeledahan dilakukan di setiap blok kamar narapidana sebagai langkah melacak risiko gangguan keamanan yang berpotensi dilakukan para narapidana.

"Tanggal 22 Desember 2021 kemarin kita geledah semua kamar narapidana narkoba, terorisme, korupsi dan kasus pidana umum untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban selama momen Natal dan tahun baru," ujar Supriyanto kepada IDN Times, Jumat (24/12/2021).

1. Sipir temukan sendok yang dimodifikasi kayak pisau

Sel Napi Lapas Kedungpane Digeledah, Sipir Temukan Pisau Lipat dan Chargerinstagram.com/crossedblessedoutdoors

Dari upaya penggeledahan, para petugasnya menemukan sejumlah senjata tajam bahkan ada sendok yang telah dimodifikasi menyerupai pisau. Tak cuma itu saja, ia juga memergoki ada narapidana yang menyimpan charger hanphone di kamar tahanan.

"Banyak barang terlarang yang kita temukan. Mulai berupa charger handphone, pisau lipat, beberapa pisau dapur. Ada napi yang ngakunya pisau yang buat masak di dapur lapas kelupaan dibawa sampai ke kamarnya. Tapi apapun alasannya itu, kita tetap menyita barang-barang yang dianggap membahayakan keamanan di lapas. Ini sesuai arahan Pak Kanwil Kemenkumham Jateng," akunya.

Baca Juga: Jadi Penadah Sabu, Napi Lapas Kedungpane Dijebloskan Sel Maximum Security 

2. Kepala Lapas Kedungpane gak menemukan narkoba di kamar napi

Sel Napi Lapas Kedungpane Digeledah, Sipir Temukan Pisau Lipat dan ChargerPemasangan CCTV di tembok Lapas Kedungpane Semarang. (Dok Humas Lapas Kedungpane)

Meski begitu, dalam proses penggeledahan secara serentak, petugas lapas gagal mendapatkan barang bukti narkoba. Padahal di sisi lain, diakuinya aksi pelemparan narkoba masih sering ditemukan di lapasnya belakangan ini.

"Ya tapi sama sekali tidak ada narkoba yang ditemukan di kamar napi. Mungkin ada oknum melempar narkoba lewat tembok lapas karena pengawasan di pintu gerbang dan barang bawaan pengunjung sudah sangat ketat," bebernya.

Disinggung soal pemberian remisi saat Natal, ia memastikan akan tetap mengusulkan jumlah narapidana agar memperoleh potongan masa tahanan. Pengumuman jumlah penerima remisi akan dilakukan Sabtu (25/12/2021) dengan acara penyerahan simbolis. 

3. Ratusan napi Kedungpane rayakan Natal di gereja lapas

Sel Napi Lapas Kedungpane Digeledah, Sipir Temukan Pisau Lipat dan ChargerSejumlah napi Lapas Kedungpane ikut Natalan. (Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang)

Secara khusus, sebanyak 163 narapidana juga mengikuti acara perayaan Natal di Gereja Oikumene Imanuel Lapas Semarang. Acaramya diselingi dengan ibadah misa yang dipandu oleh Pendeta Hasto dari Gereja JKI Higher Than Ever. 

"Perayaan ini jadi upaya kami untuk memenuhi hak memeluk agama dan menjalankan perintah agama bagi setiap warga negara," akunya.

Ia berharap, berkah Natal bisa dirasakan oleh seluruh warga binaan yang beragama nasrani. Sehingga, para warga binaan bisa lebih sabar dan tabah menjalani hukumannya. 

"Perayaan Natal ini menjadi salah satu refleksi diri bagi warga binaan untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dengan harapan bisa berubah menjadi lebih baik," kata Supriyanto.

Baca Juga: Lurah Pemalang Ikut Lomba Azan di Lapas Kedungpane, Jurinya Eks Wali Kota Tegal

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya