Sosok Yunita Dyah Suminar yang Dilantik Ganjar Jadi Pj Bupati Cilacap

Sebelumnya merupakan Kadinkes Jateng

Semarang, IDN Times - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng Yunita Dyah Suminar dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Cilacap untuk mengisi kekosongan posisi bupati karena Tatto Suwarto Pamuji telah purna tugas.

Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jalan Pahlawan, Semarang, Sabtu (19/11/2022).

1. Yunita diperintahkan untuk jaga transparansi dan tegakan antikorupsi

Sosok Yunita Dyah Suminar yang Dilantik Ganjar Jadi Pj Bupati CilacapGubernur Jateng Ganjar Pranowo mengingatkan Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar agar menegakan antikorupsi. (IDN Times/bt)

Di sela pelantikan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengingatkan kepada Yunita Dyah Suminar guna melakukan transparansi dan akuntabilitas termasuk penegakan antikorupsi serta anti grafitasi.

"Bagaimana mengedukasi pemerintahan yang transparan dan akuntabel," ungkap Ganjar. 

Baca Juga: Dinkes Jateng Pastikan 5 Anak Mengalami Gagal Ginjal Akut, 2 Meninggal

2. Yunita juga diminta tuntaskan APBD Cilacap

Sosok Yunita Dyah Suminar yang Dilantik Ganjar Jadi Pj Bupati CilacapGubernur Jateng Ganjar Pranowo tatkala membacakan surat pelantikan Pj Bupati Cilacap di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang. (IDN Times/bt)

Lebih lanjut, Ganjar menyarankan supaya Yunita sebagai Pj Bupati Cilacap secepatnya menjalani komunikasi dengan sejumlah Forkopimda guna menyiapkan program yang perlu dituntaskan maupun yang masih dilanjutkan.

Tugas bagi Yunita salah satunya dengan menyelesaikan alokasi dana dari APBD yang belum tuntas. Sehingga menurut Ganjar bisa mencapai target yang belum bisa terkejar. 

"APBD juga belum selesai, siapkan dengan baik, mana yang belum terkejar, target-targetnya segera disiapkan sehingga nanti dari anggaran Cilacap bisa berkontribusi banyak untuk menyelesaikan persoalan. Dan agenda besarnya termasuk tentu saja perhatian dari pada target-target nasional, kontribusi nasional seperti soal pertumbuhan ekonomi, kesehatan ibu anak atau stunting, serta aspek lingkungan yang lebih komplicated," kata Ganjar. 

3. Ganjar beri tugas Yunita untuk jaga ketahanan ekonomi

Sosok Yunita Dyah Suminar yang Dilantik Ganjar Jadi Pj Bupati CilacapGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Di samping itu, katanya Yunita juga perlu menjaga ketahanan ekonomi di tengah bencana yang banyak melanda Kabupaten Cilacap. 

Sebagai Pj Bupati Cilacap, Yunita diberi tugas lainnya berkaitan dengan stunting serta menjaga ideologi negara tetap berjalan di Pemkab Cilacap. 

"Sekarang sudah dilantik. Sekarang saya pesankan, satu, hari ini banyak bencana, dua bagaimana kita menjaga ketahanan ekonomi ke depan, ketiga stunting, empat tentu yang umum bagaimana menjaga ideologi negara harus berjalan di pemerintahan yang ada di Cilacap," ujar Ganjar.

4. Ganjar akan bantu masalah yang dihadapi para Pj Bupati

Sosok Yunita Dyah Suminar yang Dilantik Ganjar Jadi Pj Bupati CilacapGubernur Jateng Ganjar Pranowo datang ke warung Bubur Ayam Legenda di Semarang, Senin (26/7/2021). Ganjar terkesan dengan apa yang dilakukan pemilik warung yang bagikan bubur gratis untuk warga yang jalani isolasi mandiri. (humas.jatengprov.go.id)

Jika ada masalah yang krusial, Ganjar menegaskan setiap Pj Bupati bisa mengontak dirinya maupun Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen agar mendapat bantuan untuk memecahkan solusi. 

"Kita selalu minta agar kalau ada persoalan kontak saya, kontak Pak Wagub, kontak dengan Sekda agar kita bantu. Ini nanti tiap tiga bulan akan ada laporan dan bisa dievaluasi," bebernya

5. Yunita Dyah Suminar awali karir dari staf rumah sakit

Sosok Yunita Dyah Suminar yang Dilantik Ganjar Jadi Pj Bupati CilacapKepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah Yunita Dyah Suminar saat ditemui di kantornya, Jalan Piere Tendean, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Seperti diketahui, Yunita Dyah Suminar menjadi Kepala Dinas Kesehatan Jateng sejak 11 Februari 2022 lalu. Karir Yunita diawali sebagai staf RSUD Dr Margono Soekarjo Purwokerto tahun 1994.

Kemudian Yunita menjabat sebagai Kabid Perencanaan RSUD Dr Margono Soekarjo Purwokerto pada 2007. Setelahnya Yunita mendapat promosi jabatan sebagai Wakil Direktur Umum dan Keuangan di tempat yang sama pada 2015.

Baca Juga: Cegah Hepatitis Akut, Dinkes Jateng Ungkap 7 Ciri-ciri yang Patut Diwaspadai

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya