Tekan Kasus Kekerasan TKI di Luar Negeri, Ini Fokus Menteri PPA 

Akui kasus kekerasan yang dialami perempuan masih tinggi

Semarang, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Menteri PPA), I Gusti Ayu Bintang Darmavati berjanji bakal menekan kasus kekerasan yang menimpa para perempuan Indonesia yang bekerja di luar negeri.

1. Menteri PPA akan koordinasi dengan Kemenaker untuk perkuat pelatihan

Tekan Kasus Kekerasan TKI di Luar Negeri, Ini Fokus Menteri PPA ANTARA FOTO/Siswowidodo

Ia mengatakan upaya yang dilakukan yaitu dengan memfokuskan pada program pelatihan sehingga kaum hawa yang jadi TKI mendapatkan bekal keterampilan yang mumpuni.


"Kita akan memprotek para TKI kita yang ada di luar negeri. Kita juga berkoordinasi dengan Kementerian Tenaga Kerja untuk memberi pelatihan secara kontinyu bagi para TKI," kata Bintang Puspayoga, sapaan akrabnya, usai menghadiri kongres perempuan di UTC, Jalan Sampangan, Gajahmungkur, Semarang, Senin (25/11).

Baca Juga: Korban Kekerasan Perempuan di Jawa Tengah Paling Tinggi se-Indonesia

2. Angka kekerasan terhadap perempuan selalu meningkat

Tekan Kasus Kekerasan TKI di Luar Negeri, Ini Fokus Menteri PPA Ilustrasi perempuan korban kekerasan. unsplash.com/Volkan Omez

Lebih jauh, ia menyatakan berdasarkan indeks pembangunan perempuan serta pemberdayaan perempuan, angka kekerasan terhadap perempuan di sejumlah daerah selalu mengalami peningkatan.

3. Menteri PPA akan bahas kasus kekerasan yang dialami perempuan dengan Pemda

Tekan Kasus Kekerasan TKI di Luar Negeri, Ini Fokus Menteri PPA pixabay.com/Free-Photos

Menurutnya kasus yang muncul ada beragam. Pihaknya pun berharap agar dalam pelaksanaan kongres perempuan di Jawa Tengah kali ini mampu menghasilkan hal-hal yang berdampak bagi kelangsungan hidup bagi para perempuan.


"Harapannya tidak cuma bisa menjadi tolak ukur pemberdayaan perempuan di Jateng tapi juga buat acuan untuk Indonesia. Setelah itu kita akan bicarakan dengan Pemda untuk menangani kekerasan perempuan yang muncul di masing-masing daerah," tukasnya.

Baca Juga: Marak Kekerasan Anak oleh Pendidik, Menteri PPPA Ini Jadi PR Utama

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya