Comscore Tracker

Uji Coba PTM di Jateng, Guru Gak Tertib, Berkerumun Tidak Pakai Masker

Padahal guru itu digugu lan ditiru

Semarang, IDN Times - Proses uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) di Jawa Tengah yang digelar pada Senin (5/4/2021) ditemukan sejumlah temuan. Salah satunya terdapat seorang guru SMA Negeri 4 Semarang yang tepergok memakai face shield tanpa dilengkapi masker.

1. Ganjar minta semua guru patuhi protokol kesehatan yang ketat

Uji Coba PTM di Jateng, Guru Gak Tertib, Berkerumun Tidak Pakai MaskerProses uji coba PTM di Semarang. Dok Humas Pemprov Jateng

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat sidak ke SMAN 4 Semarang mengaku harus memberikan teguran kepada guru yang bersangkutan lantaran lalai tidak memakai masker.

Ganjar mengingatkan jika semua guru mesti menjaga protokol kesehatannya. Apalagi face shield tidak bisa menjadi pelindung untuk mencegah penularan COVID-19.

"Kalau konsep, ngomong itu mudah. Yang sulit implementasinya. Maka saya selalu tekankan hal itu pada semua untuk menjaga kedisiplinan protokol kesehatan ketika praktek di lapangan," katanya dalam keterangan yang didapat IDN Times.

Baca Juga: 140 Sekolah di Jateng Mulai Uji Coba PTM, Risiko Kasus COVID-19 Naik

2. Guru SMAN 4 Semarang kedapatan berkerumun

Uji Coba PTM di Jateng, Guru Gak Tertib, Berkerumun Tidak Pakai MaskerGubernur Ganjar Pranowo saat sidak uji coba PTM di Semarang. Dok Humas Pemprov Jateng

Temuan lainnya, ia juga melihat para guru SMAN 4 tidak menghindari kerumunan. Ketika berada di ruangan kelas, sejumlah guru justru berdiri dengan jarak kurang satu meter. 

Ia menyatakan para guru sulit melakukan disiplin ketika uji coba PTM. Sedangkan untuk sarana dan prasarananya, lanjutnya sejauh ini sudah berjala dengan baik.

"Yang sulit adalah ketidakdisiplinan dan biasanya justru dari guru-gurunya. Contoh paling kongkret, lihat ini gurunya berkerumun tidak ada satu meter jaraknya. Sayangnya teman-teman tidak ada yang aware dan tidak peduli," tegasnya.

3. Ganjar juga tegur guru di SMAN 1 Ungaran

Uji Coba PTM di Jateng, Guru Gak Tertib, Berkerumun Tidak Pakai MaskerSiswi SMA di Semarang memakai prokes ketat saat uji coba PTM. Dok Humas Pemprov Jateng

Di SMAN 1 Ungaran, Ganjar mengatakan terdapat seorang guru yang menyuruh siswanya untuk memotretkan dirinya. Ulah guru tersebut langsung ditegur.

"Saya masuk kelas ada guru yang minta foto ke siswanya dan menyerahkan handphone ke siswanya itu. Ini kan perpindahan yang tidak boleh. Yang begini-begini ini bagian yang tidak disadari," ungkapnya.

4. Orang tua siswa di Semarang tidak setuju diadakan PTM

Uji Coba PTM di Jateng, Guru Gak Tertib, Berkerumun Tidak Pakai MaskerIlustrasi sekolah tatap muka. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengaku sebenarnya cuma ada satu sekolah yang menjadi pilot project PTM. Namun Walikota Semarang memerintahkan agar sekolah yang uji coba PTM ditambah. 

Sehingga sekolah yang melaksanakan PTM ada di SMP 2, SMP 5, SD Pekunden dan SD Lamper Kidul 02.

"Jika tidak ada masalah, bisa saja nanti tiap kecamatan ada sekolah yang PTM. Termasuk kemungkinan di sekolah swasta," paparnya.

Gunawan menjelaskan saat ini masih ada 15-20 persen orang tua siswa yang tak setuju digelar PTM. Ia telah memberi pilihan kepada mereka agar tetap belajar online di rumah.

"Sampai sekarang masih ada sekitar 15 hingga 20 persen orang tua yang belum setuju. Itu nggak masalah. Mereka tetap dapat pelajaran secara daring. Bisa dikasih web camera. Teknologi sekarang sudah canggih," pungkas Gunawan.

Baca Juga: Temui Ganjar, Gibran Minta Koridor BRT Ditambah

https://www.youtube.com/embed/lSbd68g6cIs

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya