Comscore Tracker

Wali Kota Salatiga Kena COVID-19, 11 ASN yang Kontak Erat Dinyatakan Negatif

Wali Kota Salatiga dikarantina bersama keluarganya

Salatiga, IDN Times - Setelah Wali Kota Salatiga, Yuliyanto dinyatakan terpapar COVID-19, sejumlah dinas menggelar tes swab untuk melacak risiko penularan virusnya. Dari hasil swab, diketahui ada 11 ASN yang memiliki kontak erat dengan Wali Kota dinyatakan negatif virus corona.

1. Ada 11 ASN yang kontak erat dengan Wali Kota Salatiga

Wali Kota Salatiga Kena COVID-19, 11 ASN yang Kontak Erat Dinyatakan NegatifIlustrasi ASN tes Corona. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga mengaku telah merampungkan proses tracing dan pemeriksaan swab bagi para 11 ASN yang kedapatan kontak erat dengan Wali Kota Salatiga. 

"Saya mengimbau semua yang bersinggungan dengan beliau untuk periksa kesehatan. Untuk 11 ASN yang kontak erat, kondisinya negatif virus corona. Karena memang beberapa hari Pak Wali Kota kegiatannya sangat tinggi, mungkin kondisi tubuh menurun," terangnya. 

Baca Juga: Tertular COVID-19, Wali Kota Salatiga Pilih Isolasi Mandiri di Rumdin

2. Wali Kota Salatiga kerja via zoom dan video call

Wali Kota Salatiga Kena COVID-19, 11 ASN yang Kontak Erat Dinyatakan NegatifIlustrasi Aplikasi Zoom (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Wuri berkata, para ASN kini tetap bekerja seperti biasanya. Untuk perkembangan kesehatan Wali Kota Salatiga, katanya masih stabil dan banyak istirahat di rumah dinas. 

Sementara itu, istri dan anak-anak Wali Kota Salatiga juga masih menjalani isolasi mandiri. Menurutnya Wali Kota Salatiga tetap bekerja melalui zoom dan video call

"Anak-anak dan ibu (istri Wali Kota Salatiga) juga baik, pak Wali juga masih bisa bekerja. Beliaunya juga selalu telepon saya buat mengabari kalau ada yang didisposisikan. Pak wali mintanya jangan ada yang ke rumdin dulu. Untuk pekerjaannya bisa dilakukan memakai zoom," terangnya. 

3. Sekda Salatiga minta warga rajin pakai masker

Wali Kota Salatiga Kena COVID-19, 11 ASN yang Kontak Erat Dinyatakan NegatifMahasiswa jurusan seni yang tergabung dalam Komunitas Mural-Marul melukis mural di Kota Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (13/8/2020). Mereka mengampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat selama pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Saat ini, dirinya menyarankan agar warga Salatiga meningkatkan kepatuhan terhadap standar protokol kesehatan. Wuri berkata masyarakat harus rajin memakai masker saat beraktivitas keluar rumah. 

Ia juga mengingatkan jika semua orang bisa dengan mudah terkena virus corona.

"Jangan lengah, tetap jaga protokol kesehatan," imbuhnya. 

4. Wali Kota Salatiga masih terasa flu

Wali Kota Salatiga Kena COVID-19, 11 ASN yang Kontak Erat Dinyatakan NegatifWali Kota Salatiga Yuliyanto saat berbicara dalm webinar di kantor dinasnya. Dok pribadi

Terpisah, Wali Kota Salatiga, Yuliyanto mengaku isolasi yang dijalaninya selama tiga hari membuat tubuhnya mulai membaik. Ia mengaku masih flu sehingga harus tetap dikarantina selama 14 hari.

"Sudah agak baikan, tapi terasa seperti flu. Isolasi dulu 14 hari," tegasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, penularan COVID-19 pertama kali dialami Yuliyanto tatkala seorang anaknya kedapatan terinfeksi virus corona. Setelah dites swab secara menyeluruh, keluarganya di satu rumah ternyata terpapar COVID-19. Yuliyanto menekankan statusnya kini positif COVID-19.

"Sekarang saya dinyatakan positif COVID-19. Anak sudah menjalani perawatan kesehatan. Tapi sekarang satu rumah semua terkena dan positif COVID-19. Kondisi kita sekeluarga masih stabil dan mudah-mudahan kesehatannya segera membaik," ujar Yuliyanto, Minggu (13/6/2021).

Baca Juga: Penuh, 17 Pasien COVID-19 Kudus Dirujuk ke Semarang dan Salatiga

https://www.youtube.com/embed/Ij-ah_2PZGs

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya