Waspada! Tol Solo-Jogja Belum Dipasangi Lampu, Jalur Mudiknya Zig-zag

Para pemudik harus ekstra hati-hati

Semarang, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Tengah meminta para pemudik meningkatkan kewaspadaan saat melintasi ruas Tol Solo-Jogja selama momentum arus mudik Idulfitri 1445 Hijriyah nanti. Pasalnya, sepanjang ruas Tol Solo-Jogja belum terpasang rambu-rambu dan lampu penerang jalan. 

Baca Juga: Ada 56 Lokasi SPKLU Charge Mobil Listrik di Jalur Mudik Jateng-DIY

1. Tol Solo-Jogja belum dipasangi rambu-rambu dan lampu

Waspada! Tol Solo-Jogja Belum Dipasangi Lampu, Jalur Mudiknya Zig-zagKapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi. (IDN Times/Dok Humas Polda Jateng)

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengaku Tol Solo-Jogja akan dioperasikan secara fungsional apabila ruas jalan raya Kartasura Sukoharjo muncul kepadatan arus lalu lintas. 

"Di jalur tol fungsional belum terdapat rambu rambu, lampu penerangan juga belum ada. Kita gunakan apabila daerah Kartasura terjadi kepadatan," ungkap Luthfi, Selasa (2/4/2024).

2. Debu di Tol Solo-Jogja akan dibersihkan H-1

Waspada! Tol Solo-Jogja Belum Dipasangi Lampu, Jalur Mudiknya Zig-zagGerbang tol Ngemplak, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Luthfi juga bilang para pengguna jalan sebaiknya waspada saat melintasi ruas Tol Solo-Jogja selama arus mudik nanti. Selain tidak dilengkapi lampu penerang jalan, Tol Solo-Jogja berpotensi berdebu dan banyak bahan konstruksi proyek. 

Masyarakat perlu berhati-hati mengingat kondisi Tol Solo-Jogja vyang masih dalam tahap konstruksi. "Saat ini debu di tol diguyur hujan. Nanti akan dilakukan pembersihan,  H-1 akan mulai dibersihkan," kata Luthfi.

3. Jalur mudik Tol Solo-Jogja zig-zag

Waspada! Tol Solo-Jogja Belum Dipasangi Lampu, Jalur Mudiknya Zig-zagJalur tol Solo-Ngawi. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak cuma itu saja, Luthfi mengklaim ruas Tol Solo-Jogja dibuka fungsional hanya untuk jam 06.00-17.00 WIB sore. Di ruas Tol Solo-Jogja, katanya akan ditutup pada sore hari. 

Untuk kondisi ruas jalur yang dilewati para pemudik juga baru sebatas zig-zag. Sehingga pemudik yang melewati jalur A harus berbelok ke jalur B dan seterusnya sampai tiba di exit tol. 

"Jadi pagi kita buka, sore kita tutup. Jalur juga masih zig-zag dari jalur A beralih ke jalur B lalu masuk lagi jalur A," jelasnya.

4. Kapolres Karanganyar diberi tugas atasi arus mudik Tol Solo-Jogja

Waspada! Tol Solo-Jogja Belum Dipasangi Lampu, Jalur Mudiknya Zig-zagJalan Tol Trans Jawa. (dok. Jasa Marga)

Supaya bisa menjaga arus lalu lintas tetap lancar, pihaknya akan menyiagakan sejumlah anggota di jalur tol fungsional.

Ia menyebut, penanganan arus mudik di Tol Solo-Jogja akan melibatkan Polres Boyolali, Polres Karanganyar dan Polres Klaten. 

Kepadatan diperkirakan akan terjadi di wilayah Ngawen Klaten yang merupakan lokasi Exit Tol Solo-Jogja. 

"Jadi nanti tiga Kapolres akan selalu berkoordinasi. Taktis dan teknis dikendalikan oleh Kapolres Karanganyar," akunya. 

Pihak Polda Jateng pun menyiapkan tim urai kemacetan yang akan berpatroli keliling untuk menangani kepadatan arus lalu lintas. "Mereka pakai roda dua, akan selalu berpatroli dan terus memantu perkembangan melalui HT. Jika di suatu wilayah ada kemacetan bisa segera dikendalikan," tutur Luthfi. 

Baca Juga: Lebaran 2024 Pemudik Diimbau Waspada Sekitar KM 500 Tol Solo-Ngawi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya