11 Tahun Berkonflik, Dua Kubu Keraton Solo Akhirnya Bertemu 

Sepakat untuk berdamai.

Surakarta, IDN Times - Dua kubu yang berkonflik antara Lembaga Dewan Adat (LDA) dengan Sinuhun Pakoe Buwono (PB) XIII akhirnya bertemu. Pertemuam digelar di dalam kompleks keraton pada Selasa (3/2/2023).

Baca Juga: Dampak Konflik Keraton Solo, Museum Tutup, Wisatawan Kecewa

1. Pertemuan digelar secara terbatas.

11 Tahun Berkonflik, Dua Kubu Keraton Solo  Akhirnya Bertemu Pertemuan 2 kubu Keraton Solo. (Dok/Istimewa)

Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandansari atau Gusti Moeng akhirnya bertemu raja, yang juga kakaknya Sri Susuhunan Paku Buwono (PB) XIII di Sasana Narendra.

Pertemuan yang berlangsung selama 1 jam juga dihadiri permaisuri GKR Paku Buwana beserta putranya KGPAA Suryo Aryo Mustiko atau KGPAA Purbaya.

Sementara Gusti Moeng ditemani kerabat keraton KRAY Herniatie Sriana Munasari. Herni diketahui merupakan cucu dari pahlawan Nasional Raden Panji Soeroso.

2. Pertemuan berlangsung penuh haru.

11 Tahun Berkonflik, Dua Kubu Keraton Solo  Akhirnya Bertemu Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) GKR Koes Moertiyah. (IDN Times/Larasati Rey)

Kepada awak media, Gusti Moeng menceritakan, pertemuan dengan kakaknya berlangsung penuh haru. Keduanya bahkan sempat menitikkan air mata.

"Suasananya haru sinuhun tadi nangis, terus saya elus-elus. Saya minta beliau tidak berprasangka buruk sama saya," ujarnya saat ditemui di Kamandungan.

Selain meminta maaf kepada, Gusti Moeng mengaku juga melakukan sembah sungkem. Istri KP Eddy Wirabhumi itu juga meminta izin agar bisa kembali masuk ke dalam keraton untuk bekerja.

"Kalau dianggap salah saya nyuwun pangapunten (minta maaf). Semua ini harus disudahi, yang utama adalah menjalankan keinginan Sinuhun PB XII supaya keraton bisa lestari," katanya.

Lebih lanjut, ia juga mengajak semua pihak agar melupakan masalah yang sudah terjadi. "Tadi saya matur jugs, pokonya tidak usah ngomong soal masalah kemarin lagi," ungkapnya.

3. Digelar selama kurang lebih 1 jam.

11 Tahun Berkonflik, Dua Kubu Keraton Solo  Akhirnya Bertemu Pertemuan 2 kubu Keraton Solo. (Dok/Istimewa)

Sementara itu, saat dihubungi secara terpisah, perwakilan PB XIII, KP Dani Nur Adiningrat membenarkan adanya pertemuan bsrsejarah tersebut di keraton Solo. Ia mengatakan jika Gusti Moeng menghadap ke Sinuhun.

"Tadi Gusti Moeng memang sowan (menghadap) Sinuhun. Yang masuk ke dalam Sasana Narendra cuma 5 orang," katanya.

Menurut Dani, pertemuan tersebut berjalan lancar dan damai. Namun demikian, dia belum bisa menyampaikan isi pertemuan tersebut.

"Pertemuan tersebut berjalan lancar. Saya belum bisa sampaikan isi pertemuannya," pungkasnya.

Baca Juga: 10 Potret Kondisi Kerusakan di dalam Kawasan Keraton Solo, Miris!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya