Comscore Tracker

17 Atlet dan Ofisial 7 Negara Kena COVID-19, Gibran: APG 2022 Lanjut

Kebanyakan orang tanpa gejala (OTG).

Surakarta, IDN Times - Jumlah atlet dan ofisial ASEAN Para Games (APG) XI 2022 terpapar COVID-19 mencapai 17 orang. Sebanyak 14 orang di antaranya di Solo dan 3 lainnya di Semarang

1. Kebanyakan berstatus orang tanpa gejala (OTG)

17 Atlet dan Ofisial 7 Negara Kena COVID-19, Gibran: APG 2022 LanjutNanda Mei Sholihah nomor 180 atlet para atletik ASEAN Paragames 2022. (Dok/INASPOC)

Mereka yang terkena virus corona berasal dari 7 negara dan beberapa cabang olahraga (cabor). Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih membenarkan kabar tersebut.

"Jadi kita memang selama perhelatan ini dari beberapa kontingen ada atlet dan ofisial yang positif COVID-19. Saat ini ada 17 orang," katanya di Media Center APG XI di Hotel Swiss Bellin Saripetojo Solo, Rabu (3/8/2022).

Sementara itu, sebanyak 10 atlet para renang di Semarang yang sebelumnya dikabarkan positif COVID-19, sebagian besar sudah dinyatakan negatif. Menurut Ning, kesepuluh atlet tersebut telah membaik.

"Mereka juga sudah menjalani karantina 5 hari sejak beberapa hari yang lalu.  Kemarin tambah lagi satu kan, jadi  untuk kepentingan kita bersama kita putus interaksi dengan yang lain. Biar yang lain tidak terpapar mereka tetap tinggal di hotel dipisahkan dari yang sehat," paparmya.

Baca Juga: Hasil ASEAN Para Games 2022: Cabor Renang Raih 10 Emas, 11 Perak, 10 Perunggu

2. Siapkan rumah sakit rujukan COVID-19

17 Atlet dan Ofisial 7 Negara Kena COVID-19, Gibran: APG 2022 LanjutMenpora Zainudi Amali dan Ketua INASPOC Gibran Rakabuming tinjau venue APG XI 2022. (IDN Times/Larasati Rey)

Ning menyebutkan, tracing terhadap atlet dan ofisial yang terkena COVID-19 terus dilakukan. Pihaknya mengeklaim, mereka yang terpapar virus corona selalu dimonitor dan langsung mendapatkan penanganan.

"Mereka yang positif COVID-19 sudah ada beberapa yang selesai menjalani karantina," jelasnya.

Meski demikian, Ning menegaskan, tidak ada satu pun atlet dan ofisial yang positif dilarikan ke rumah sakit. Pasalnya, mereka tidak bergejala.

Pihaknya menyiapkan sejumlah rumah sakit seperti RS Dr Moewardi, PKU Muhammadiyah, dan rumah sakit JIH sebagai rumah sakit rujukan di Kota Solo.

3. Sudah diprediksi jauh-jauh hari.

17 Atlet dan Ofisial 7 Negara Kena COVID-19, Gibran: APG 2022 LanjutWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Ketua INASPOC, Gibran Rakabuming Raka sudah memprediksi adanya kenaikan kasus COVID-19. Ia menegaskan, pertandingan APG 2022 akan tetap terus berlanjut.

"Sudah kita prediksi akan seperti ini (kasusnya naik). Ini risiko mengadakan acara di tengah pandemik COVID-19 ya seperti ini. Gak perlu takut, lanjut terus acaranya," terangnya.

Gibran juga telah melaporkan beberapa atlet yang terkonfirmasi positif kepada Menteri Pemuda dan Olahraga.

"Pokoknya sudah tak laporkan pak menteri (Zainudin Amali). Semarang ada, Solo ada (kasusnya) gak kita tutupi. Aman, acara (APG 2022) ini tetap bisa berlangsung," pungkasnya.

Baca Juga: 17 Atlet ASEAN Para Games 2022 Terkonfirmasi Positif COVID-19 

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya