5 Fakta Kasus Mutilasi di Solo, Ciri-ciri Korban Punya Tato Naga

Korban diperkirakan dibunuh pada hari Kamis

Surakarta, IDN Times - Ciri-ciri temuan potongan tubuh manusia korban mutilasi di Solo yang ditemukan di aliran anak Sungai Bengawan Solo, pada Minggu (21/5/2013) kemarin diungkap oleh pihak kepolisian.

Berdasarkan hasil pemeriksaan forensik dari RSUD Dr Moewardi Solo, potongan-potongan tubuh manusia yang ditemukan di aliran Kali Jenes atau yang berlokasi di RT 05 RW 04, Pasar Kliwon, Solo, dan di aliran Sungai Pringgolayang Kampung Ngruki, Cemani, Kecamatan Grogol, Sukoharjo merupakan satu kesatuan tubuh seseorang.

Baca Juga: Ciri-ciri Potongan Tubuh Manusia yang Ditemukan di Solo dan Sukoharjo

1. Merupakan pria berumur antara 40-50 tahun

5 Fakta Kasus Mutilasi di Solo, Ciri-ciri Korban Punya Tato NagaKapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi pada ekspose penangkapan sindikat pembobolan ATM di Solo, Jumat (3/3/2023). (Dok Polresta Solo)

Polisi telah memastikan potongan tubuh manusia tersebut merupakan korban mutilasi. Korban menurut hasil pemeriksaan merupakan seorang laki-laki.

"Potongan tubuh manusia tersebut merupakan satu rangkaian," ujar Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi Senin (22/5/2023).

Berdasarkan hasil pemeriksaan ciri-ciri korban yang belum diketahui identitasnya tersebut yakni pria berusia 40 - 50 tahun dan semasa hidupnya merupakan seorang perokok.

"Ada informasi yang bisa kami sampaikan yakni temuan potongan tubuh tersebut jenis kelamin laki-laki, perkiraan umur 49 tahun. Ada tanda lainnya yakni tato naga di bagian punggung kanan dan lengan kanan," jelasnya.

2. Diperkirakan dibunuh pada hari Kamis

5 Fakta Kasus Mutilasi di Solo, Ciri-ciri Korban Punya Tato NagaIlustrasi korban pembunuhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan hasil pemeriksaan forensik, prediksi waktu kematian korban yakni pada hari Kamis hingga Jumat lalu.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudussy mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan dari tim forensik Bidang Laboratorium Forensik (Bidlabfor) Polda Jawa Tengah hari kematian temuan potongan tubuh manusia di aliran Kali Jenes Solo dan aliran Sungai Pringgolayang Sukoharjo yakni pada Kamis 18 Mei 2023. "Waktu kematian di perkirakan kamis, tanggal 18 mei 2023," ungkapnya

Temuan potongan tubuh tersebut merupakan jenazah dari seorang laki-laki berusia dengan perkiraan usia 40 -50 tahun.

3. Ada luka bacok di kepala, korban diduga dimutilasi setelah meninggal dunia

5 Fakta Kasus Mutilasi di Solo, Ciri-ciri Korban Punya Tato NagaKabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. (Dok Humas Polda Jateng)

Korban diduga meninggal dunia terlebih dulu baru kemudian ditenggelamkan. Adapun sebab kematian dikarenakan pukulan benda tajam di bagian kepala.

"Jenazah termutilasi dalam keadaan meninggal dunia dan di tenggelamkan. Sebab kematian kekerasan benda tajam pada kepala bagian atas," ungkap Iqbal.

"Di daerah kepala ada 2 luka terbuka berupa kekerasan benda tajam dengan dasar tulang tengkorak yang menimbulkan perdarahan hebat pada rongga kepala," imbuhnya.

4. Kronologi penemuan potongan tubuh korban mutilasi Solo

5 Fakta Kasus Mutilasi di Solo, Ciri-ciri Korban Punya Tato NagaPolresta Solo mengevakuasi temuan potongan tubuh di Kali Jenes. (IDN Times/Larasati Rey)

Dari awal ditemukan tubuh manusia pada Kali Jenes Pringgolayan, Serengan, Surakarta, pada Minggu (21/5/2023), pukul 10.30 WIB, secara beruntun mulai dari potongan kaki, badan, kemudian kepala, lengan, tangan. Dan polisi pada Senin ini menemukan lagi potongan bagian kaki kanan.

Sementara itu, Kepala Satuan Reskrim (Kasatreskrim) Polres Sukoharjo AKP Teguh Prasetyo mengatakan terdapat penemuan tiga potongan tubuh manusia di sejumlah sungai di area Desa Cemani, Kecamatan Grogol, dan anak sungai Bengawan Solo di wilayah Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo.

Ketiga potongan tubuh yang ditemukan pada Minggu itu berupa tangan kiri di sungai kawasan Desa Cemani dan betis kaki kiri di anak sungai Bengawan Solo, Sukoharjo. Sementara itu, satu potongan tubuh lagi ditemukan di kawasan Cemani, Senin.

5. Warga yang kehilangan anggota keluarga diminta melapor ke polisi

5 Fakta Kasus Mutilasi di Solo, Ciri-ciri Korban Punya Tato NagaIlustrasi garis polisi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Terbaru, potongan tangan kanan dan panggul hingga paha bagian kanan korban ditemukan diwilayah Danukusuman, Solo. Potongan tersebut ditemukan pada Senin pukul 16.30 WIB.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit menyampaikan hasil sementara pemeriksaan forensik oleh Dokkes Polda Jawa Tengah, Senin (22/5/2023) sore potongan tubuh tersebut merupakan korban mutilasi.

"Kematian jenazah diduga pada hari Kamis, 18 Mei 2023 atau 5 hari lalu," jelasnya.

Kini ke enam potongan tubuh dibawa ke RS Dr Moewardi, Solo untuk dilakukan proses identifikasi DNA. Pihak kepolisian juga mengimbau kepada warganya yang kehilangan anggota keluarga agar melapor ke kantor polisi terdekat.

Baca Juga: Geger Mutilasi di Solo, Ada Luka Senjata Tajam di Kepala Korban

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya