5 Pilar Bisnis Baru Lokananta, Revitalisasi Gandeng BUMN

Revitalisasi bekerjasama dengan holding BUMN Danareksa.

Surakarta, IDN Times - Revitalisasi Lokananta diproyeksikan selesai pada April-Mei 2023 mendatang. Pada bulan-bulan itu, Lokananta akan mengelar grand launching sebagai awal mula kehidupan baru Lokananta.

Studio musik pertama di Indonesia tersebut, akan direnovasi secara total. Nantinya, Lokananta bakal memiliki lima pilar bisnis.

Baca Juga: Revitalisasi Lokananta, Jadi Destinasi Wisata Berbasis Sustainable

1. Lima pilar bisnis Lokananta yang baru.

5 Pilar Bisnis Baru Lokananta, Revitalisasi Gandeng BUMNDesain baru Studio Musik Lokananta. (IDN Times/Larasati Rey)

Direktur Utama Perusahaan Pengelola Aset (PPA), Yadi Jaya Ruchandi mengatakan ada lima pilar bisnis yang akan digarap oleh Holding BUMN untuk Lokananta. Kelima pilar tersebut yakni area pertunjukan amphitheater dan studio rekaman Lokananta Record, museum dan arsip, merchandise dan pengelolaan kekayaan intelektual, galeri UMKM, dan sentra kuliner.

"Yang akan dilakukan, renovasi total. Tapi tentu cagar budaya yang ada di sini akan dipertahankan. Nah, kelima pilar bisnis ini nantinya akan menjadikan Lokananta sebagai creative and commercial hub yang memberikan ruang kreativitas bagi para musisi. Sekaligus menyediakan panggung pertunjukan musik, dan menjadi etalase bagi UMKM lokal untuk memasarkan produk-produknya," katanya, Minggu (27/11/2022).

Yadi menyebut revitalisasi Lokananta oleh PPA sebagai bagian holding Danareksa merupakan mandat langsung dari Menteri BUMN, Erick Thohir.

Sebenarnya, PPA bertugas merenovasi dan merevitalisasi Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI). Namun karena salah satu aset Perum PNRI adalah Lokananta, dan melihat potensi pengembangan yang besar di sana. Maka Lokananta menjadi target revitalisasi.

"Lokananta ini mampu memberikan dampak positif bagi kita semua. Jadi untuk itu kami sudah melakukan studi komprehensif. Tidak main-main. Kami melakukan kajian kelayakan. Juga berkoordinasi dengan seluruh stakeholder, seperti Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta. Mereka mendukung. Bahkan mas Wali (Gibran) memasukkan revitalisasi Lokananta menjadi salah satu program prioritas Pemkot," jelasnya.

2. Revitalisasi bekerjasama dengan holding BUMN Danareksa.

5 Pilar Bisnis Baru Lokananta, Revitalisasi Gandeng BUMNJumpa pers jelang revitalisasi Lokananta. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Direktur Utama Danareksa, Arisudono Soerono mengatakan sesuai dengan semangat transformasi BUMN yang sudah dijalankan dalam tiga tahun kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir, Holding BUMN Danareksa berkomitmen mendukung transformasi Lokananta.

Untuk kemajuan industri kreatif yang salah satunya adalah industri musik nasional. Melalui revitalisasi dan pengembangan Lokananta.

"PPA sebagai pilar restrukturisasi di Holding BUMN Danareksa telah melakukan tahapan persiapan untuk memastikan revitalisasi dan pengembangan Lokananta dapat berjalan baik dan tetap mengedepankan tata kelola yang baik," sambungnya.

Lokananta kedepan diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata seni yang dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian Kota Bengawan. Khususnya musisi dan UMKM lokal, serta masyarakat sekitar.

"Nah, acara Lokananta Reload ini adalah pra reaktivasi Lokananta. Akhir Desember nanti, akan diselenggarakan soft launching. Sedangkan grand launching Lokananta direncanakan akan digelar pada awal kuartal kedua 2023," pungkasnya.

3. Jadikan Lokananta lokasi wisata baru.

5 Pilar Bisnis Baru Lokananta, Revitalisasi Gandeng BUMNMuseum Lokananta (pariwisatasolo.surakarta.go.id)

Sebagai informasi, revitalisasi dan pengembangan Lokananta merupakan salah satu dari Program Prioritas Pemerintah Kota Solo.

Adapun acara pra reaktivasi Lokananta Reload yang digelar Minggu (27/11/2022) ini bertujuan untuk memperkenalkan kembali keberadaan Lokananta kepada masyarakat.

Melalui berbagai pertunjukan musik dari para musisi lokal dan nasional, galeri UMKM lokal, serta sarasehan yang menghadirkan Menteri BUMN, Walikota Solo, musisi senior Waldjinah dan Candra Darusman, serta perwakilan musisi lokal dari sejumlah kota di Indonesia.

Setelah pra reaktivasi Lokananta Reload, pada akhir Desember 2022 akan diselenggarakan soft launching, dan grand launching Lokananta direncanakan akan digelar pada awal kuartal II 2023.

Baca Juga: Gibran Sulap Lokananta Solo Jadi SandBox Bak di Drama Korea Start-up

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya