Absen di Muhammadiyah, Gibran Cuti Sehari ke Acara NU di Surabaya

Kegiatan didisposisikan ke wakil wali kota

Surakarta, IDN TImes - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengajukan izin cuti sebagai Wali Kota Solo, pada Jumat (24/11/2023). Gibran mengajukan cuti untuk alasan kepentingan pribadi.

1. Lakukan cuti satu hari

Absen di Muhammadiyah, Gibran Cuti Sehari ke Acara NU di SurabayaCawapres Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Sekreatris Daerah (Sekda) Kota Solo Ahyani mengatakan, jika izin sudah diajukan Gibran sejak Rabu (22/11/2023). Izin diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan ditembuskan ke Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudiana.

”Suratnya sudah. Pengajuan izinnya untuk keperluan pribadi, izinnya cuti,” ujarnya Jumat (24/11/2023).

Baca Juga: Dituduh Ijazah Palsu, Gibran Ngantor Bawa Bukti

2. Tugas didisposisikan oleh Wakil Wali Kota

Absen di Muhammadiyah, Gibran Cuti Sehari ke Acara NU di SurabayaCawapres Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Ahyani mengatakan, jika izin yang diajukan Gibran hanya untuk satu hari, yakni Jumat (24/11/2023). Kendati demikian, Ahyani menyebutkan jika tidak menutup kemungkinan jika Gibran memperpanjang izinnya pada Senin pekan depan.

”Izinnya untuk hari Jumat, kalau Sabtu dan Minggu kan sudah bukan hari kerja. Tapi saya nggak tahu untuk Senin nanti. Kita tunggu lagi,” jelasnya.

Sejumlah agenda dari Wali Kota Solo telah didisposiaikan kepada Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa. Kegiatan tersebut yakni peresmian Sekolah Khusus Olahraga (SKO).

3. Gibran menghadiri acara di Surabaya

Absen di Muhammadiyah, Gibran Cuti Sehari ke Acara NU di SurabayaPrabowo Subianto saat menghadiri acara deklarasi relawan Matahari Pagi di rumahnya, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan (18/11/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Gibran sendiri terlihat absen untuk menghadiri acara Dialog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Dalam kesempatan tersebut, capres Prabowo Subianto meminta maaf lantaran wakilnya tersebut tidak hadir.

Prabowo mengungkapkan, jika saat ini Gibran tengah menghadiri acara yang sama dengan Nahlatul Ulama di Surabaya.

"Saya meminta maaf saudara Gibran Rakabuming Raka tidak bisa hadir karena justru ada acara lain yang bersamaan waktunya di Jawa Timur juga tapi yang menyelenggarakan adalah Nahdlatul Ulama," kata Prabowo dalam pidato pembukanya di acara Dialog Terbuka Muhammadiyah.

"Jadi negara ini kalau Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah sudah mantap, negara mantap. Jadi saya minta maaf Mas Gibran tapi setiap saat saudara-saudara ingin dialog saya kira Mas Gibran pasti mau ikut jumpa dengan saudara-saudara sekalian," pungkasnya.

Baca Juga: Dukung Gibran, Relawan Gen Z di Jateng Bidik 10 Persen Suara

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya