Dukung Gibran, Relawan Gen Z di Jateng Bidik 10 Persen Suara

Relawan GAZ!!!08 dukung Gibran

Semarang, IDN Times - Calon Wakil Presiden (Cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Gibran Rakabuming Raka merangkul anak-anak Gen Z dan para event organizer (EO) untuk memaksimalkan strategi pemenangan dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Anak-anak Gen Z yang mendukung Gibran membentuk relawan bernama GAZ!!!08 dengan mendeklarasikan gerakan pemenangan untuk putra sulung Presiden Jokowi tersebut di Gumaya Tower Semarang, Jalan Gajahmada, Rabu (22/11/2023). 

Baca Juga: Dituduh Ijazah Palsu, Gibran Ngantor Bawa Bukti

1. Ngaku dari kalangan lintas profesi

Dukung Gibran, Relawan Gen Z di Jateng Bidik 10 Persen SuaraMahasiswa jurusan seni yang tergabung dalam Komunitas Mural-Marul melukis mural di Kota Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (13/8/2020). Mereka mengampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat selama pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Ketua Umum GAZ!!!08 Laja Lapian, mengaku ada banyak anak muda lintas profesi yang memutuskan memberikan dukungannya kepada Gibran. Selain para EO, banyak juga yang bergabung dari kalangan artis muda dan pelaku industri kreatif asal Solo. 

"Kita dari lintas profesi. Ada juga yang punya event Pasar Musik di Solo," ujar Laja.

2. Pakai sosmed untuk kampanyekan Gibran

Dukung Gibran, Relawan Gen Z di Jateng Bidik 10 Persen SuaraUnsplash.com/Jakob Owens

Ia mengatakan keputusan mendukung Gibran di Pilpres karena banyaknya kemudahan yang didapatkan selama menggelar serangkaian event di Solo. Terlebih lagi, Gibran juga selama ini mendukung proses industri kreatif bagi anak muda yang ingin mengembangkan kemampuannya. 

"Makanya kami akan memakai jejaring sosial media untuk mengabarkan bahwa Mas Gibran sangat aktif menggelorakan ekonomi kreatif. Karena saat mengadakan event di Solo sangat mudah ketimbang daerah lain," katanya. 

3. Relawan GAZ bisa sumbang suara 5-10 persen

Dukung Gibran, Relawan Gen Z di Jateng Bidik 10 Persen SuaraIlustrasi surat rekapitulasi suara pemilih di Pemilu. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Ia berkata Relawan GAZ!!!08 telah mematok target perolehan suara bagi Gibran sebesar 5-10 persen dari total target suara dari TKN Prabowo-Gibran yang mencapai 40 persen.

Suara sebesar itu akan ia sumbang untuk mengambil peran memenangkan Gibran di bursa Pilpres 2024.

"Untuk Jawa Tengah target dari TKN kan 40 persen suara untuk Gibran. Kita ambil peran dari Millennial dan Gen Z dan semoga bisa berkontribusi menyumbangkan 5-10 persen ini untuk TKN," cetusnya. 

4. Akan bikin acara yang inovatif

Dukung Gibran, Relawan Gen Z di Jateng Bidik 10 Persen Suaramashable.com

Kendati begitu, Laja mengklaim selama masa kampanye nanti dirinya sudah diwanti-wanti oleh Gibran agar tidak saling serang di medsos. 

Relawan GAZ!!!08, katanya hanya diminta fokus menggalang suara dari para Millennial dan Gen Z yang memiliki ceruk sangat besar di Jawa Tengah. 

"Karena kami lihat pemilu tahun ini lebih banyak pada bidding contest, maka selayaknya kontes kecantikan, kami akan angkat sisi positif dari Mas Gibran. Soalnya beliau berpesan jangan saling serang, tidak perlu menanggapi komentar dan fokus ke penggalangan suara. Relawan ini baru terbentuk tiga minggu lalu. Dan di berbagai kota ada personel 3-5 orang," akunya. 

Sekjend GAZ!!!08 Rezza Artha menekankan pentingnya anggotanya untuk semangat dan senantiasa melakukan pendekatan kepada anak-anak muda melalui kegiatan-kegiatan yang positif, inovatif. "Tentunya sesuai dengan selera mereka. Sehingga kegiatan tersebut akan mendapat tempat di hati," ujar Rezza. 

Baca Juga: Sambangi Demak, Gerindra Janji Prabowo-Gibran Lakukan Pembangunan Pro Lingkungan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya