Dituduh Ijazah Palsu, Gibran Ngantor Bawa Bukti

Tunjukkan ijazah kepada awak media

Surakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka menunjukkan bukti ijazah lulusan Bachelor of Science.

Gibran sengaja membawa ijazah tersebut ke Balaikota Solo, Senin (20/11/2203) untuk ditunjukkan kepada awak media.

Pasalnya belakangan terakhir ijazah Wali Kota Solo tersebut dipertanyakan, bahkan dianggap sebagai palsu oleh sejumlah orang.

Baca Juga: Isu Ijazah Palsu, Gibran: Gak Percaya? Saya Belikan Tiket Singapura

1. Tunjukan ijazah dari University of Bradford, Inggris

Dituduh Ijazah Palsu, Gibran Ngantor Bawa BuktiCawapres Gibran Rakabuming Raka menunjukkan ijazahnya. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam ijazah tersebut Gibran menunjukan ijazah S1 nya saat bersekolah di Management Development Institute of Singapore (MDIS) yang dikeluarkan oleh University of Bradford, Inggris pada tahun 2010.

Dalam ijazah tersebut nama Gibran Rakabuming Raka mendapat title sebagai Bacelor of Science dengan jurusan Marketing dari University of Bradford.

Ijazah tersebut ditanda tangi oleh Mark Cleary sebagai Wakil Chancellor.

Gibran mengaku sengaja membawa ijazahnya untuk menegaskan jika dirinya benar-benar lulusan sarjana dengan title Bachelor of Science.

"Biar cepet selesai. Ijazahnya ini, kalau palsu kan pasti dipermasalahkan dari awal," ujar Gibran, Senin (20/11/2023).

2. Tunjukan surat hasil penilaian kesetaraan dari Kemenristek Dikti

Dituduh Ijazah Palsu, Gibran Ngantor Bawa BuktiHasil penyetaraan ijazah Gibran Rakabuming oleh Kemenristek Dikti. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak hanya ijazah, Gibran juga menunjukkan bukti hasil penilaian kesetaraan ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Penilaian kesetaraan ijazah tersebut dikeluarkan pada 8 Agustus 2019 oleh Direktur Pembelajaran Dr.Ir. Paristiyanti Nurwardani,M.P.

Surat tersebut memutuskan menyetarakan ijazah yang diperoleh dari University of Bradford ;
Nama: Gibran Rakabuming Raka
Tempat dan tanggal lahir : Surakarta, 01 Oktober 1987
Jenis Ijazah : Bachelor of Science
Bidang Studi : Marketing
Tanggal Ijazah : 13 November 2010
Asal Negara : Singapore
Dinilai setara dengan : Sarjana
Gelar yang digunakan adalah gelar yang diberikan oleh University of Bradford.

3. Menganggap sebagai lelucon

Dituduh Ijazah Palsu, Gibran Ngantor Bawa BuktiIjazah S1 Gibran Rakabuming Raka dari University of Bradford. (IDN Times/Larasati Rey)

Menanggapi adanya tuduhan ijazah palsu Gibran menanggapinya dengan santai. Ia bahkan menganggap jika masalah ijazah palsu baru dipermasalahkan baru-baru ini saat dirinya akan maju ke kontestasi Pilpres 2024.

"Enggak. Saya anggap lucu-lucuan aja. Ya baru sekarang dipermasalahkan," jelasnya.

Gibran juga menyoroti tuduhan ijazah dirinya diedit dan dianggap sebagai lulusan SMK. Menanggapi hal tersebut Gibran justru memberikan bukti ijazah dan hasil penyetaraan dari Kemenristek Dikti.

"Gak apa-apa. Makanya saya bawakan bentuk aslinya. Ini yang sudah dilegalisir. Saiki usume gibran lulusan SMK, lha nek lulusan SMK ki ngopo. Kan juga bagus. Tapi ini, untuk sertifikat dan lain-lain dan S1-nya di sini," jelasnya.

Lebih lanjut, Gibran juga meminta awak media untuk tidak membahas mengenai ijazah palsu kembali. "Jangan dibahas lagi, itu ibunya lucu, sama bapak satunya juga, habis keluar dari penjara," katanya.

Baca Juga: Jubir TKN akan Cek Isu Tudingan Ijazah Gibran Palsu

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya