Akun IG Pemkot Solo Diretas 2 Kali 24 Jam, Gibran Gak Mau Lapor Polisi

Gibran pilih lapor ke Facebook

Surakarta, IDN Times - Akun Instagram resmi milik Pemerintah Kota Solo @pemkot_solo diretas orang tidak bertanggung jawab. Wali Kota Gibran Rakabuming Raka melaporkan peretasan tersebut kepada Facebook yang menjadi induk perusahaan Instagram.

1. Diretas berulang kali

Akun IG Pemkot Solo Diretas 2 Kali 24 Jam, Gibran Gak Mau Lapor PolisiAkun Pemkot Solo @pemkot_solo yang diretas. Instagram

Peretasan akun @pemkot_solo terjadi beberapa kali sejak Jumat (8/10/2021) Sore. Bahkan hingga Sabtu (9/10/2021) Sore, akun tersebut masih dinonaktifkan untuk pengamanan lebih lanjut.

Gibran telah melapor ke Facebook untuk menindaklanjuti masalah tersebut. Pihaknya juga menginstruksikan stafnya untuk melakukan penguatan password atau kata kunci dengan cara sering mengubahnya.

"Itu emailnya juga diubah saja sekalian," katanya saat ditemui di Tipe, Solo, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga: ASN Nekat Makan di Warung Saat Jam Kerja Apes Ketemu Gibran

2. Banyak yang lupa password

Akun IG Pemkot Solo Diretas 2 Kali 24 Jam, Gibran Gak Mau Lapor PolisiWalikota Solo, Gibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Ditanya lebih lanjut, Gibran mengaku belum berniat untuk melaporkan kejadian itu kepada pihak kepolisian. Menurutnya, kejadian itu adalah hal biasa yang tidak perlu disikapi berlebihan.

"Ngopo dilaporke polisi (red: kenapa dilaporkan polisi). Biasalah, nanti sehari, 2 hari sudah balik lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut Gibran mengaku sejak dirinya menjabat sebagai Walikota Solo sudah pernah menjadi serangan hacker ke beberapa akun media sosial milik pemerintahan. Ke depan, pihaknya akan memperketat keamanan akun media sosial.

Tak hanya itu, Gibran juga mengaku jika manajemen keamanan media sosial di Pemkot Solo tidak tersusun dengan baik. Bahkan ada akun milik pemerintah yang hilang lantaran lupa password.

"Masalah diretas, itu pertama kali saya duduk di Pemkot saja orang-orang Diskominfo aja lupa pasword kok. Akun kita ada yang tiba-tiba hilang, tahu-tahu gak pernah ada," tegasnya.

3. Akun IG Pemkot Solo dinonaktifkan

Akun IG Pemkot Solo Diretas 2 Kali 24 Jam, Gibran Gak Mau Lapor PolisiAkun Instagram @pemkot_solo.

Sementara itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Solo Wahyu Kristina menjelaskan, akun Instagram Pemkot Solo akan dinonaktifkan untuk sementara waktu.

Penonaktifan dikarenakan adanya peretasan kembali.

"Akun Instagram @pemkot_solo untuk sementara dinonaktifkan untuk pengamanan lebih lanjut," terangnya.

Baca Juga: Derby Mataram Persis vs PSIM, Gibran dan Walkot Jogja Bertukar Jersey

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya