Door Stop Media Pernikahan Kaesang di Barat Pura Mangkunegaran Solo

Persiapan sudah 80 persen, tamu diperiksa ketat

Surakarta, IDN Times - Ketua panitia pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono, Erick Thohir dan Juru Bicara pernikahan, Gibran Rakabuming Raka meninjau persiapan venue tasyakuran di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (8/12/2022).

Dari pantauan IDN Times terlihat para pekerja sedang mengerjakan dekor Pandhapa Ageng Pura Mangkunegaran dan area halaman. Sejumlah hiasan lampu serta tanaman hias ditempatkan di lokasi.

Terdapat pula potongan-potongan batang pohon yang nantinya akan dihias dengan menggunakan bunga bernuasa putih.

1. Persiapan acara sudah 80 persen

Door Stop Media Pernikahan Kaesang di Barat Pura Mangkunegaran SoloPanggung pelaminan Kaesang & Erina. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai meninjau, Erick mengatakan jika persiapan pernikahan putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" sudah mencapai 80 persen. Erick menekanka bahwa dalam persiapan tersebut yang ditekankan adalah perputaran tamu undangan yang diusahakan tidak sampai mengganggu jalannya acara.

"Sudah 80 persen yang selalu yang saya bilang kan yang penting itu (perputaran tamu). Bagaimana perputaran daripada undangan masyarakat jangan sampai masyarakat terganggu, ya," katanya Kamis (8/12/2022).

Erick menegaskan, dalam perhelatan pesta rakyat pernikahan nantinya pihak keluarga meminta agar para tamu lebih diperhatikan.

"Karena bapak dan pengantin maunya pelayanan maksimal tidak membeda-bedakan siapa yang diundang," imbuhnya.

Baca Juga: Kaesang Ikut Wilujengan Doa Selamat di Pura Mangkunegaran Jelang Nikah

2. Door stop ada di sisi Barat Pura Mangkunegaran

Door Stop Media Pernikahan Kaesang di Barat Pura Mangkunegaran SoloPanggung pelamian Kaesang & Erina di Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Erick menjelasan saat penyelenggaran tasyakuran nantinya, tak semua awak media bisa mendapatkan akses masuk ke area pernikahan. Hanya ada sejumlah media yang ditugaskan sebagai perwakilan untuk meliput ke dalam

"Kalau hari ini saya memastikan bagaimana media bisa mendapatkan akses. Jadi kan tentu hari ini saya ingin memastikan bagaimana para rekan-rekan media para sahabat media yang sudah meliput Pagi Siang Sore juga mendapatkan akses, baik TV pool salah satunya. Jadi semua TV, semua media bisa mendapatkan, tapi tentu kadang-kadang media-media kan ingin ada door stop. Kita juga sudah letakkan di pintu masuk sisi Barat Pura Mangkunegran," jelasnya.

3. Tamu wajib scan barcode dan pemeriksaan metal detector

Door Stop Media Pernikahan Kaesang di Barat Pura Mangkunegaran SoloTenda pemeriksaan di Pura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina akan dijaga dengan ketat. Para tamu undangan diwajibkan membawa kode barcode yang berada di dalam undangan yang diterima. Kode barcode berlaku untuk 2 orang.

Kode barcode tersebut nantinya akan discan di lokasi halaman Pura Mangkunegaran. Di lokasi tersebut juga terdapat pemeriksaan dengan menggunakan metal detector.

Untuk diketahui, pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono akan dilaksanakan tanggal 10 Desember 2022 untuk akad nikah di Yogyakarta. Dilanjutkan dengan acara tasyakuran ngunduh mantu tanggal 11 Desember 2022 di Pura Mangkunegaran, Solo.

Kaesang sendiri akan menggunakan bahasa Indonesia saat melangsungkan akad nikah besok.

Baca Juga: Ratusan Gereja Kristen di Solo Dijaga Ketat Polisi saat Ngunduh Mantu Kaesang-Erina

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya