DPRD Solo Sidak Proyek di Solo Jelang Pernikahan Kaesang dan Erina

Semoga sidaknya gak cuma pas ada hajatan, ya

Surakarta, IDN Times - Sejumlah anggota DPRD Kota Surakarta sidak proyek penataan koridor Jalan Gatot Subroto (Gatsu) dan Ngarsopuro di Kota Solo. Sidak dilakukan menjelang pelaksanaan pernikahan putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono pada Minggu (11/12/2022) di Pura Mangkunegaran.

1. Temukan salah satu kamera CCTV ada yang hilang

DPRD Solo Sidak Proyek di Solo Jelang Pernikahan Kaesang dan ErinaKamera CCTV. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam sidak yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo tersebut, mereka menemukan kamera televisi sirkuit tertutup (Closed Circuit Television/ CCTV) yang hilang dicuri. Padahal, kamera tersebut baru saja minggu yang lalu.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jateng, Cakra Nagara mengatakan, pihaknya memasang kamera CCTV di tiga titik di kawasan Ngarsopuro. CCTV dipasang untuk memudahkan pemantauan di sekitar. Hanya saja, CCTV tersebut belum diaktifkan.

“Kita pasang CCTV untuk pengamanan. Namun satu dari tiga yang kita pasang di-take down masyarakat. Itu yang di ujung Ngarsopuro dekat dengan parkiran sebelah kiri. Diambil sekitar seminggu yang lalu. Padahal baru dipasang belum ada satu minggu juga,” ungkapnya.

Baca Juga: Ada Kirab Pernikahan Kaesang dan Erina, CFD Solo Tetap Buka untuk Umum

2. Pengerjaan selesai awal pekan

DPRD Solo Sidak Proyek di Solo Jelang Pernikahan Kaesang dan ErinaKoridor Ngarsopuro. (IDN Times/Larasati Rey)

Terkait kamera yang telah hilang dicuri, pihaknya telah menggantinya dengan kamera CCTV yang baru. Pemasangan kamera pengaman diperbarui agar tidak kembali dicuri orang tidak bertanggung jawab.

“Ini sudah kita pasang lagi. Ada tiga titik dan kita buat supaya tidak dicabut lagi,” jelasnya.

Penataan koridor Ngarsopuro direncanakan akan selesai pada awal pekan ini atau minggu kedua bulan Desember 2022. Proyek pembangunan tersebut mengerjakan pemasangan kanopi dan sejumlah pekerjaan minor.

Untuk pengaspalan di dua koridor itu baru akan dilakukan setelah hajatan pernikahan Kaesang dan Erina.

3. Pengerjaan sudah mencapai 85 persen

DPRD Solo Sidak Proyek di Solo Jelang Pernikahan Kaesang dan ErinaKoridor Ngarsopuro, Solo. (Dok/DPRD Solo)

Sementara itu, Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo menjelaskan, progres proyek penataan koridor Ngarsopuro sudah mencapai 85 persen. Dia berharap proyek penataan tersebut selesai sebelum 31 Desember 2022.

“Kita tekankan nanti pada pemeliharaan. Kita cermati karena enam bulan ke depan masih jadi tanggung jawab kontraktor. Salah satunya ada kamera CCTV yang baru dipasang sudah ada yang mengambil. Memang butuh penyadaran karena pedestrian seperti ini memang untuk pejalan kaki,” jelasnya.

Adapun, capaian tersebut lebih cepat 6,834 persen dari rencana awal yang mestinya baru mencapai 78,623 persen pada 4 Desember 2022.

“Ini lebih cepat dari rencana awal sesuai dengan percepatan yang diminta pemerintah,” ungkap Project Manager Penataan Koridor Gatsu--Ngarsopuro, Riur Pandapotan, Minggu (4/12/2022).

Untuk diketahui, penataan Koridor Gatsu--Ngarsopuro merupakan proyek yang didanai oleh Kementerian PUPR. Nilai anggarannya mencapai Rp 30 miliar. Sesuai kontrak, penataan koridor itu diwajibkan rampung pada 31 Desember 2022, namun perampungannya diupayakan agar selesai lebih awal.

Baca Juga: Solo Keroncong Festival Wujud Pengembangan Kearifan Lokal di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya