Gibran Absen saat Ganjar dan Hendrar Prihadi Ada di Balaikota Solo

Ganjar mengaku Gibran sudah izin

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Hendrar Prihadi menghadiri acara di kantor Balaikota Solo, Rabu (25/8/2023). Keduanya menghadiri acara peluncuran konsolidasi pengadaan pakaian dinas harian (khaki) dan seragam sekolah PDN untuk katalog elektronik lokal provinsi dan penyerahan blangkon Jateng Award.

Namun, di acara yang digelar oleh Pemprov Jawa Tengah tersebut tak dihadiri oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

1. Gibran tak terlihat saat acara

Gibran Absen saat Ganjar dan Hendrar Prihadi Ada di Balaikota SoloKegiatan Blangkon Jateng Award di Balaikota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Pantauan dari IDN Times, saat acara dimulai pukul 10.00 WIB hingga selesai, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tak terlihat mendampingi Hendi dan Ganjar Pranowo.

Gibran bahkan digantikan oleh Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakoso, yang menyambut kedatangan Hendi dan Ganjar.

Teguh pun tidak mendampingi keduanya hingga acara selesai lantaran harus menghadiri acara Penyerahan Estafet Tunas Kelapa dari Kwarcap Kota Surakarta ke Kwarcap Boyolali, yang digelar di kantor Kecamatan Banjarsari.

Selama acara berlangsung hanya Ganjar dan Hendi yang mengikuti acara hingga selesai.

Baca Juga: Temui Gibran, Cak Imin Bahas Peluang Gibran-Gus Yusuf di Pilgub Jateng

2. Ganjar ungkap Gibran sudah izin

Gibran Absen saat Ganjar dan Hendrar Prihadi Ada di Balaikota SoloWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditanya soal ketidak hadiran Gibran dalam acara tersebut, Ganjar mengaku jika putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut sudah izin kepadanya.

Menurutnya, Gibran tak hadir lantaran acara acara lain, sehingga tidak bisa mendampinginya.

"Oh ya, izin (Gibran), ada acara. Tadi Pak Wakil (Teguh Prakoso) juga sudah menyampaikan. Pak Wakil juga ada acara. Iya (izin)," kata Ganjar.

3. Ganjar dorong UMKM ikut e-katalog

Gibran Absen saat Ganjar dan Hendrar Prihadi Ada di Balaikota SoloGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (IDN Times/Larasati Rey)

Pada acara itu, Ganjar meluncurkan konsolidasi pengadaan pakaian dinas harian (khaki) dan seragam sekolah PDN untuk katalog elektronik lokal Provinsi Jawa Tengah. Selain itu, Ganjar juga menyerahkan Blangkon Jateng Award kepada pelaku usaha dengan capaian e-catalog terbanyak dan tertinggi se-Jawa Tengah.

Dalam arahannya, Ganjar mendorong adanya efisiensi pengadaan barang dan jasa melalui e-katalog. Salah satunya dengan menggunakan produk dari UMKM lokal karena perbandingan harganya efisien, terutama untuk harga seragam.

"Tugas kami adalah mendorong agar seluruh kabupaten kota bisa bareng-bareng konsolidasi tadi, bisa mendorong harga yang tidak jauh berbeda dan itu murah. Artinya, konsumen akan diberikan harga yang paling bagus," ungkap Ganjar.

"Kita coba capai atau konsolidasi kan satu seragam dari kita, pegawai pemda, dan yang kedua seragam sekolah. Kalau kemarin banyak orang yang protes seragam sekolah harganya berapa atau dengan negosiasi bisa lebih murah," ujar dia.

Baca Juga: Repro Mandiri 08 Dukung Gibran Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya