Comscore Tracker

Gibran Balas Sanjungan Anies: Beliau Itu Kepala Daerah yang Sukses

Saling berbalas pujian benarkah terkait pencalonan DKI 1?

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belakangan ini saling melontarkan pujian satu sama lain.

Baca Juga: Curhat Gibran Ditertawakan Karena Akan Buka Jurusan Sosmed

1. Gibran dan Anies saling memuji

Gibran Balas Sanjungan Anies: Beliau Itu Kepala Daerah yang SuksesGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Ancol dan masuk dengan aplikasi PeduliLindungi. (Instagram.com/ancoltamanimpian)

Aksi saling puji tersebut, sebelumnya dilakukan oleh Gibran saat memghadiri acara donor darah PWNU DKI pada Sabtu (11/9/2021) kemarin. Dalam sambutannya, Gibran menjadikan Jakarta sebagai kota percontohan penanganan COVID. Gibran menilai kinerja Anies sangat bagus, terutama dalam penanganan COVID-19 di ibukota.

"Ini mumpung ada Pak Wagub (DKI) saya curhat sedikit, jadi kami di Solo tiap kali rapat COVID yang saya jadikan percontohan pasti Jakarta, Jakarta vaksinasinya sudah di atas 100 persen, Solo juga harus mengejar, mohon maaf kami masih di angka 98 persen," ucap Gibran.

Pujian tersebut dibalas oleh Gubernur DKI Anies Baswedan. Anies menilai jika Gibran merupakan salah satu pemimpin muda yang punya ikhtiar besar menuntaskan pandemi Corona.

"Sesungguhnya itu adalah pujian buat semua. Jadi, bukan saja dialamatkan ke Gubernur tapi dialamatkan kepada kerja bersama. Kami terima kasih sekali kepada Mas Gibran, Pak Wali Kota memberikan perhatian kepada Jakarta dan memantau apa yang kami kerjakan di sini," ujar Anies di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Selasa (14/9/2021).

Selain itu Anies juga memuji atas pencapaian vaksinasi di Kota Solo yang mendekati 100 persen. Menurut Anies, pencapaian itu tentu tidak mudah dan menunjukkan satu ikhtiar besar atas proses vaksinasi.

2. Kepala daerah yang sukses

Gibran Balas Sanjungan Anies: Beliau Itu Kepala Daerah yang Sukseshttps://m.ayosemarang.com/read/2020/08/05/61500/anies-didesak-keluarkan-kebijakan-rem-darurat-ini-alasannya

Menanggapi sanjungan dari Anies tersebut, Gibran menilai Anies merupakan sosok yang dijadikan sebagai role model, terutama dalam percepatan penangganan pandemi COVID-19.

"Sekali lagi, beliau itu role model, kepala daerah yang sukses di Jakarta. Sekarang jadi percontohan di negara-negara lain. Karena vaksinasinya paling cepat, positivity rate-nya rendah dan BOR (Bed Occupancy Rate/keterisian tempat tidur)-nya sudah bisa ditekan," ungkapnya .

3. Bantah soal DKI 1

Gibran Balas Sanjungan Anies: Beliau Itu Kepala Daerah yang SuksesWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. IDNTimes/Larasati Rey

Kendati memuji kinerja Anies, Gibran membantah jika hal tersebut berbau politis, terutama menjelang Pilkada DKI Jakarta 2023 nanti.

“Enggak, saya di Solo saja. PR-nya masih banyak sekali di Solo,” kata putra Presiden Joko Widodo.

"Banyak, pembangunan banyak yang belum selesai, dari visi misi saya juga banyak yang belum dieksekusi kok," lanjutnya.

Gibran juga enggan keberadaaan di Jakarta dikaitkan dengan pencalonan DKI 1. "Minggu depan saya ke Jakarta lagi ojo mbok kiro pencalonan," pungkasnya.

Baca Juga: Nadiem dan Gibran Angkat-angkat Meja saat Tinjau PTM di Solo

Topic:

  • Bandot Arywono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya