Gibran Benarkan Jokowi Pensiun Balik ke Solo, Pengin Indonesia Hijau

Jokowi akan jadi pegiat lingkungan hidup

Surakarta, IDN Times - Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Gibran Rakabuming Raka membenarkan jika ayahnya akan pulang ke kediamannya di Solo, Jawa Tengah setelah masa jabatannya berakhir pada 2024. Sebelumnya, Jokowi menyatakan akan kembali ke Kota Solo usai tak lagi menjadi presiden, ketika diwawancara The Economist pada 14 November 2022.

1. Presiden Jokowi akan pulang ke rumah Sumber Solo

Gibran Benarkan Jokowi Pensiun Balik ke Solo, Pengin Indonesia Hijau(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Meski tidak menjawab secara pasti terkait rencana tersebut, Gibran membenarkan apa yang disampaikan Jokowi.

"Ya, pulanglah (ke Solo). Paling ya di Sumber. Omahe (rumahnya) di Sumber, Solo," katanya saat ditemui di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (16/11/2022).

Untuk diketahui, rumah pribadi Jokowi berada di Jalan Kutai Utara RT 008 RW 007, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Ditanya lebih lanjut, soal rencana Presiden Jokowi yang ingin menjadi pegiat lingkungan hidup setelah selesai menjabat, Gibran justru tidak tahu mengetahui. Gibran justru meminta media untuk menanyakan langsung kepada Presiden Jokowi soal rencana tersebut.

"Saya tidak tahu. Ya, tanya beliau (Presiden Jokowi) dong. Belum, gak ada ya (pembicaraan) soal itu," ungkap Gibran.

2. Tidak ada pembicaraan soal rencana detail Jokowi

Gibran Benarkan Jokowi Pensiun Balik ke Solo, Pengin Indonesia HijauGibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran mengatakan jika dirinya tidak ada pembicaraan dengan Jokowi mengenai hal tersebut. Suami Selvi Ananda tersebut menegaskan belum mengetahui secara detail mengenai kepulangan Jokowi ke Solo setelah masa jabatannya berakhir di 2024.

"Saya belum tahu rencana detailnya seperti apa," katanya.

Lebih lanjut, ditanya soal domisili PresidenJokowi saat ini di Jakarta, Gibran justru malah akan meminta Jokowi kembali lagi ke Jakarta jika pulang ke Solo.

"Yowis tak kon balik Jakarta (ya sudah tak suruh kembali Jakarta). Yawis, gampang kan," ucapnya sembari bercanda.

3. Jokowi ingin pulang jadi rakyat biasa

Gibran Benarkan Jokowi Pensiun Balik ke Solo, Pengin Indonesia HijauPresiden Indonesia, Jokowi, berbincang dengan pemimpin negara yang tergabung dalam negara G20 di Tahura Mangrove, Bali pada Rabu (16/11/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, kepada The Economist, Jokowi menyatakan setelah jabatan usai, ia akan kembali ke Solo menjadi rakyat biasa.

"Saya akan kembali ke kota saya, Solo, sebagai rakyat biasa," kata Jokowi dikutip dari tayangan YouTube The Economist.

Jokowi menyampaikan, ia akan aktif di bidang lingkungan hidup dan menjadi bagian dari Indonesia yang lebih hijau. Jokowi berharap, ada perubahan pola pikir dan cara kerja supaya Indonesia dapat menjadi negara maju.

"Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup. Dengan perubahan mindset, dengan perubahan cara kerja baru, saya meyakini dengan kekuatan sumber daya alam, kekuatan sumber daya manusia, kekuatan pasar yang besar, kita akan bisa melompat ke negara maju," imbuhnya.

Baca Juga: Gibran dan Anies Ketemu Lagi: Sharing Pengalaman DKI Jakarta dan Solo

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya