Gus Miftah Bersepeda dari Jogja ke Solo Ketemu Gibran

Undang ke acara Ponpes, ada Prabowo juga

Surakarta, IDN Times - Ulama kondang Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih dikenal dengan sebutan Gus Miftah menemui Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka di kantor Balaikota, Jumat (18/8/2023) pagi.

Gus Miftah datang dengan memakai sepeda balap bersama dengan rombongan pesepeda lainnya.

Gus Miftah sendiri sengaja berkunjung ke kantor Gibran usai melakukan perjalanan dari Yogyakarta untuk mampir sebelum melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur.

Baca Juga: Absen Acara Konsolidasi PDIP, Gibran: Yang Ingusan Tidak Diundang

1. Undang Gibran untuk datang ke acara Harlah pondok.

Gus Miftah Bersepeda dari Jogja ke Solo Ketemu GibranUlama, Gus Miftah. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai bertemu, Gus Miftah mengatakan kedatangannya ke Solo sengaja untuk mampir sekaligus untuk sarapan bersama Gibran.

Ia mengaku datang dari Yogyakarta ke Solo untuk mengundang Gibran di acara Hari Lahir (Harlah) Pondok Pesantren Ora Aji Sleman pada tanggal 2 September 2023 mendatang.

"Kebetulan nganter undangan juga besok ulang tahun pondok tanggal 2 September saya minta kehadiran beliau. Kan biasanya Pak Presiden kirim karangan bunga, saya minta anaknya yang kirim," katanya Pengasuh Pesantren Ora Aji Sleman Yogyakarta tersebut.

2. Prabowo juga hadiri acara yang sama.

Gus Miftah Bersepeda dari Jogja ke Solo Ketemu GibranMenhan Prabowo Subianto di forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 di Singapura, Sabtu (3/6/2023) (Tim Prabowo)

Lebih lanjut, Gus Miftah mengatakan saat acara Harlah ke 11 Ponpes tersebut nantinya juga akan dihadiri oleh sejumlah tokoh politik. Salah satunya Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kendati demikian, Gus Miftah mengaku anak mengatur jadwal Gibran dan Prabowo sehingga keduanya tidak hadir secara bersamaan, hal ini dilakukan agar tidak mencuat isu terkait pencapresan.

"Karena kan pondok kita terbuka, kayak kemarin katanya Mas Erick Thohir juga mau datang, Pak Komjen Safrudin Wakil Ketua DMI (Dewan Masjid Indonesia), siapa pun boleh kita terbuka," ungkap Gus Miftah.

"Beda tanggal, tanggal 8 September saya ada konser Kebangsaan, kebetulan kampung saya itu 60 persen Khatolik saya untuk memberikan kegiatan ke muda mudi Khatolik itu saya bikin konser tanggal 8. Yang kemarin saya komunikasi dengan Mas Prabowo, katanya mau datang tanggal 8. Saya gak mau Mas Gibran datang tanggal 8 ndak jadi isu, makanya beliau pengajian saja," jelasnya.

Lebih lanjut, Gus Miftah mengaku kasihan dengan Gibran lantaran sering disangkut pautkan dengan isu politik. Menurutnya, putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut tidak bertindak apa pun.

"Kasihan itu kalau banyak isu, kasihan Mas Wali. Diam saja diisukan kok, apa lagi ngomong apalagi bikin acara," imbuhnya.

3. Gibran beri apresiasi ke Gus Miftah.

Gus Miftah Bersepeda dari Jogja ke Solo Ketemu GibranUlama, Gus Miftah temui Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Gibran berjanji akan datang ke acara Harlah Ponpes Ora Aji tersebut.

"Insyallah ya kalau undangan ya pasti datang, kecuali kalau tidak diundang," ujar Gibran.

Tak hanya itu, Gibran juga memberi apresiasi kepada Gus Miftah lantaran sudah datang jauh-jauh dari Yogyakarta ke Solo bersepeda untuk mengantarkan undangan.

"Luar biasa sekali ini Gus Miftah bersepeda dari Jogja ke Solo sebelum beliau melanjutkan perjalanan ke Jawa Timur. Dan beliau menyempatkan diri untuk sarapan soto di kantor saya. Matur Suwun sekali," pungkas Walikota.

Baca Juga: Temui Gibran, Grace Natalie: Masih Ingusan Tapi Gak Kaleng-Kaleng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya