Hari Tari Sedunia, Gibran: Jangan Sampai Anak Gak Tahu Tarian Kita 

Pergelaran event Hari Tari Sedunia.

Surakarta, IDN Times - Walikota Solo, Gibran Rakabuming menghadiri Solo Menari 2021 dalam rangka memperingati Hari Tari Dunia (World Dance Day) yang jatuh setiap tanggal 29 April. Turut dihadiri oleh F.X Hadi Rudyatmo, GPH Paundrakarna dan para seniman Kota Solo

Baca Juga: Gibran Ubah Rumah Dinas Jadi Pasar Seni, Tempat UMKM Jualan Takjilan

1. Dukung pergelaran Solo Menari dengan pembatasan jumlah penonton

Hari Tari Sedunia, Gibran: Jangan Sampai Anak Gak Tahu Tarian Kita Walikota Solo Gibran Rakabuming dan manta Walikota FX Hadi Rudyatmo.IDNTimes/Larasati Rey

Pegelaran Solo Menari 2021 yang dilaksanakan di Rumah Kabudayan Dalem Joyosuman, Kamis (29/4/21). Acara tersebut diramaikan lebih dari 400 penari, baik yang mengikuti secara langsung dan melalui zoom yang tersebar di 54 kelurahan di Kota Solo.

Gibran menyatakan dukungan penuh untuk penyelenggaraan event budaya di Kota Solo, dengan pembatasan jumlah penonton. Selain itu, Gibran ingin tetap memberikan ruang bagi budayawan di Solo.

"Selama masa pandemi, event budaya di Kota Solo sempat terhenti. Pengen kita mulai lagi tapi masih dengan penonton yang terbatas. Kita pengen even event budaya jangan sampai berhenti di tengah pandemi seperti ini. Kita tetep pengen memberikan ruang untuk budayawan dan penari Solo" jelas Gibran.

2. Minta anak-anak dilibatkan namun dengan protokol kesehatan yang ketat

Hari Tari Sedunia, Gibran: Jangan Sampai Anak Gak Tahu Tarian Kita Walikota Solo, Gibran Rakabuming. IDNTimes/Larasati Rey

Gibran juga mengimbau masyarakat untuk memperketat protokol kesehatan dan mengingatkan pentingnya partisipasi anak anak dalam event budaya.

"Event seperti ini pengen Saya mulai lagi, jadi tidak perlu takut lagi tapi yang penting protokol kesehatan diperketat lagi dan yang paling penting adalah partisipasi anak-anak. Jangan sampai anak anak gak tau tarian kita" pangkasnya.

3. Spesial perform Tari Indonesia Bersatu

Hari Tari Sedunia, Gibran: Jangan Sampai Anak Gak Tahu Tarian Kita Tari Bersatu di acara Solo Menari. Dok/Humas Pemkot Solo

Beberapa tarian disuguhkan pada pagelaran Solo Menari 2021 ini. Tari Gambyong Retno Kusumo menjadi tarian penyambut kedatangan Walikota Solo, dilanjutkan dengan Tari Kidang, dibawakan 400 penari anak-anak serentak di 54 kelurahan di Kota Solo.

Selanjutnya dipentaskan Tari Indonesia Bersatu, dari choreografer GPH Paundrakarna J.S. Dilanjutkan dengan Tari Hope dari coreografer Danang Pamungkas. Solo Menari 2021 ditutup dengan pertunjukan dari Wayang Orang Sriwedari, Dinas Kebudayaan Kota Surakarta dengan Tari Kusuma Yudha.

Baca Juga: Promosikan UMKM Saat Pandemi, Gibran Luncurkan Toko Online Rasa Solo 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya