Jokowi Kurban Sapi Simental untuk Dua Masjid Cagar Budaya di Solo

Masjid langganan Jokowi

Surakarta, IDN Times - Rutin setiap tahun, Presiden Joko "Jokowi" Widodo kembali membagikan hewan kurban di Solo saat Hari Raya Iduladha. Jokowi memberikan hewan kurban sapi berjenis simental untuk dua masjid cagar budaya di Solo. Yakni Masjid Agung Solo dan Masjid Al Wustho Mangkunegaran.

1. Dua masjid yang menjadi langganan Jokowi

Jokowi Kurban Sapi Simental untuk Dua Masjid Cagar Budaya di SoloSapi kurban milik Presiden Jokowi di Masjid Agung Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa mengatakan, melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Jokowi memberikan dua ekor sapi untuk dibagikan kepada warga Solo.

"Ini rutin setiap tahunnya, Pak Presiden Jokowi memberikan kita amanah untuk memberikan hewan kurban berupa sapi di Masjid Agung dan Masjid Al Wustho Mangkunegara," katanya saat ditemui usai penyerahan hewan kurban di Masjid Agung Solo, Minggu (10/7/2022).

Teguh mengatakan, dua masjid tersebut menjadi langganan Jokowi untuk menyalurkan hewan kurbannya di Kota Solo.

Baca Juga: Rayakan Idul Adha, Warga Muhammadiyah Jateng Dapat Daging Kurban Kaleng

2. Dua sapi Jokowi beratnya hampir 2 ton

Jokowi Kurban Sapi Simental untuk Dua Masjid Cagar Budaya di SoloSapi kurban milik Presiden Jokowi di Masjid Agung Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dua sapi bantuan dari Presiden Jokowi tersebut berjenis simental. Untuk sapi yang diberikan di Masjid Agung Solo memiliki berat 1.010 kilogram. Sapi bernama Moli tersebut diambil dari peternak sapi dari Kedungdowo, Kecamatan Andong Boyolali, seharga Rp100 juta rupiah.

Sedangkan untuk sapi yang diberikan di Masjid Al Wustho Mangkunegaran, berbobot 953 kilogram. Sapi dibeli dari peternak, Sutrisno, warga Mendiro RT 06 RW 07, Desa Kalongan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

"Keduanya disembelih pada hari ini (Minggu (10/7/2022)) usai salat id," ujar Teguh.

3. Empat jagal ditugaskan untuk menyembelih sapi Jokowi

Jokowi Kurban Sapi Simental untuk Dua Masjid Cagar Budaya di SoloProses penyembelihan sapi kurban milik Presiden Jokowi di Masjid Agung Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Takmir Masjid Agung Solo, Muchtarom menjelaskan, sapi bantuan pemberian Jokowi tiba pada Sabtu (9/07/2022), pukul 17.00 WIB. Sebanyak empat jagal ditugaskan khusus untuk menyembelih kedua sapi tersebut.

"Ada kami siapkan 3--4 jagal untuk penyembelihan, kalau total (hewan kurban) ada 6 ekor sapi dan 12 kambing yang ada di masjid," katanya.

Berdasarkan pantauan dari IDN Times, proses penyembelihan berlangsung pukul 07.50 WIB. Usia penyembelihan, seluruh daging kurban tersebut dibagikan kepada warga yang berada di sekitar Masjid Agung Solo.

Baca Juga: Resep Oseng Daging Sapi yang Pedas dan Bikin Kalap Makan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya