Kabar Gembira! Masjid Sheikh Zayed Solo Akhirnya Dibuka Untuk Umum

Ada Imam Besar dari UEA.

Surakarta, IDN Times - Masjid Sheikh Zayed Solo yang diresmikan oleh Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo bersama Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) pada Senin (14/11/2022), akhir bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Pengurus Masjid Sheikh Zayed sendiri rencananya akan membuka masjid Hadiah Presiden Jokowi dari Pangeran UEA tersebut pada tanggal 28 Februari 2023.

Baca Juga: Kemenag dan MBZ University Kerjasama Pengelolaan Masjid Sheikh Zayed

1. Masjid Sheikh Zayed bisa dinikmati oleh umum pada 1 Maret 2023.

Kabar Gembira! Masjid Sheikh Zayed Solo Akhirnya Dibuka Untuk UmumMasjid Sheikh Zayed Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Kepala Bagian Perencanaan Keuangan, Hukum, dan Kerjasama Masjid Sheikh Zayed Solo, Munajat mengatakan pembukaan masjid miniatur Sheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi, UEA tersebut direncanakan pada tanggal 28 Februari 2023.

"Untuk pembukaan jadi harapannya nanti awal 28 atau nanti 1 Maret itu sudah bisa masyarakat bisa beekunjung di masjid," katanya usai bertemu dengan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, Senin (20/2/2023).

2. Ada simulai sebelum pembukaan.

Kabar Gembira! Masjid Sheikh Zayed Solo Akhirnya Dibuka Untuk UmumMasjid Sheikh Zayed, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelum resmi dibuka untuk umum, pihak Pengelola Masjid Sheikh Zayed rencananya akan melakukan simulasi jamaah yang akan berkunjung ke masjid. Simulasi dilakukan agar tidak ada tidak ada jemaah yang kesulita dan memastikan kenyamaan para jemaah.

"Dalam simulasi nanti kalau melihat jemaah datang gimana jadi biar mengalir, jamaah gimana kakau datang ada yang sakit gimana, nanti kalau hujan gimana. Ya semua kita simulasikan jadi nanti biar jamaah pengunjung yang datang itu bisa nyaman semua," kata Munajat.

Dalam simulasi nanti, pihaknya memastikan tidak akan ada batasan pengunjung yang hadir. Ia juga menyiapkan sejumlah petugas keamanan disejumlah titik.

"Minggu ini aja ya dibatasi kalau sudah nanti sudah buka sudah bebas. Tak ada pembatasan pengunjung, kita sedang simulasi kan parkirnya gimana keluarnya datangnya gimana ini akan kita simulasikan," katanya.

3. Dipimpin Imam Besar dari UEA dan Indonesia.

Kabar Gembira! Masjid Sheikh Zayed Solo Akhirnya Dibuka Untuk UmumPotret Presiden Joko Widodo dengan Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (instagram.com/sekretariat.kabinet)

Masjid Sheikh Zayed Solo rencananya akan dibuka mulai pukul 04.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Lebih lanjut, Munajat mengatakan Masjid Sheikh Zayed nantinya akan dipimpin oleh dua Imam Besar dari Indonesia dan lima Imam Besar yang didatangkan dari UEA.

"Imam besar ada Mbah kyai Abdul Rozak, Wakilnya Gus Karim. UEA disiapkan 5 Imam Besar, siapkan 5 untuk Ramadan nantinya, tapi setelah Ramadan beringinan gak sebanyak itu," jelasnya.

Pada saat pembukaan nantinya, pihak pengelola Masjid Sheikh Zayed akan mengelar perayaan Isra' Miraj.

Baca Juga: Jadwal Peresmian Masjid Sheikh Zayed Solo, UEA Ikut Kelola

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya