Klarifikasi Gibran, Tepis Video Viral Mega Tak Mau Salami Kaesang

Tegaskan Megawati berikan sambutan baik kepadanya

Surakarta, IDN Times - Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka merespons video viral Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang tak menyalami Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep saat menghadiri pengundian nomer urut di KPU Pusat, Selasa (14/11/2023).

Gibran menelis video viral dengan narasi Megawati tak menyambut sungkem putra Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut.

1. Gibran tepis kabar hoax Megawati tak mau salami Kaesang

Klarifikasi Gibran, Tepis Video Viral Mega Tak Mau Salami KaesangKaesang Pangarep terlihat sungkem ke Megawati sebelum acara pengundian nomor urut capres-cawapres 2024 pada Selasa (14/11/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Ditemui di kantor Balaikota Solo, Gibran mengatakan dalam pertemuan tersebut ia bersama Kaesang menyalami Megawati, usai Ketum PDIP tersebut tiba di KPU. Gibran bahkan menepis video viral jika Megawati menolak bersalaman dengan Kaesang.

"Gak ada penolakan kok, enggak, ya jangan percaya sama hoax seperti itu. Saya salaman sekali," ujar Gibran, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga: Gibran Tak Ingin Jemawa Unggul dari 2 Paslon Lain di Survei Populi

2. Jelaskan kronologi sebelum video viral

Klarifikasi Gibran, Tepis Video Viral Mega Tak Mau Salami KaesangPrabowo - Gibran Kumpul di Rumah Indonesia Maju Sebelum ke KPU untuk agenda pengundian nomor urut pada Selasa (14/11/2023). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Gibran menceritakan awal mula dirinya menyalami Megawati. Yakni saat Megawati datang ke KPU untuk mendampingi Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengambil nomer urut di KPU Pusat. Gibran mengaku mengetahui lebih dulu saat Megawati tiba di KPU dan langsung berjalan untuk menyalami, disusul oleh Kaesang dan Prabowo Subianto.

Usai kedua bersalaman, kemudian Gibran mengampiri Megawati kembali untuk mengantar Kaesang yang saat itu langsung duduk sungkem kepada Megawati.

"Enggak karena kan itu kondisi hujan dan itu di outdoor. Ibu memang datangnya ketika hujan sudah reda jadi beliau memang yang paling terakhir masuk ke tempat itu," jelasnya.

"Jadi posisi kami sudah duduk semua, saya yang mungkin pertama kali tahu, oh ibu sudah datang ya saya langsung salim ke beliau terus habis itu kan Pak Prabowo menyusul Kaesang menyusul," jelasnya.

3. Gibran tegaskan Megawati menyambut salam dari Gibran

Klarifikasi Gibran, Tepis Video Viral Mega Tak Mau Salami KaesangPrabowo terlihat bersalaman dengan Megawati sebelum acara pengundian nomor urut capres-cawapres 2024 pada Selasa (14/11/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Disinggung soal penolakan yang dinarasikan dalam video viral tersebut, Gibran dengan tegas menepisnya. Ia mengatakan jika Megawati menerima salaman dengan Kaesang, bahkan dengan petinggi PDIP lainnya yang hadir dalam acara tersebut.

"Endak-endak beliau sangat baik masih menerima kami kok, saya Kaesang, Pak Prabowo semuanya diterima, ya. Jadi gak ada itu ya yang namanya penolakan-penolakan, ya," jelas Gibran.

Lebih lanjut, ditanya soal sikap duduk Kaesang yang memilih duduk sungkem ke Megawati, Gibran mengatakan jika sikap tersebut sudah dilakukan sejak dulu kepada orang yang lebih tua darinya.

"Ya kita memang dari dulu begitu dengan Bu Mega," jelasnya.

Sementara itu, ditanya terkait nomor urut, menurut Gibran semua nomor memiliki makna yang bagus. "Bagus, semua nomor bagus, semua punya makna bagus," katanya.

Baca Juga: Megawati Tangkap Sinyal Kecurangan Pemilu, Gibran: Laporkan Saja

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya