Comscore Tracker

KLB Corona di Solo, Kuliah Online Terkendala Koneksi Jaringan Internet

Aktivitas di beberapa kampus sudah tampak sepi

Surakarta, IDN Times - Sejumlah universitas di Kota Solo, mulai menerapkan sistem pembelajaran secara online atau daring. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak fisik antar mahasiswa dan dosen, pasca ditetapkannya status kejadian luar biasa (KLB) di Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (13/3) lalu.

1. Ada edaran untuk belajar secara daring

KLB Corona di Solo, Kuliah Online Terkendala Koneksi Jaringan InternetIDN Times / Larasati Rey

Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) membuat surat edaran untuk memberlakukan kuliah tanpa tatap muka atau pembelajaran daring. Dalam Surat Edaran (SE) nomor 1480 /UN27/HK/2020 Tentang Kewaspadaan dini, Kesiapsiagaan serta Tindakan Antisipasi Pencegahan Penyebaran Infeksi Covid-19 di lingkungan UNS itu, disebutkan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan menerapkan sistem daring terhitung sejak Senin, 16 Maret 2020 hingga Sabtu, 28 Maret 2020.

"Diberlakukan sampai 14 hari kedepan tidak ada kuliah tatap muka diganti sistem online. Selain itu, kegiatan praktek, klinik, studi lapangan, praktek di industri dan di berbagai institusi yang melakukan kerja sama untuk praktek kami minta dijadwal ulang atau diganti waktu yang lain atau disesuikan dengan perkembangan," jelas Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho dalam surat edaran tersebut.

Selain itu, pihak kampus UNS juga meminta kepada dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk menunda perjalanan ke luar negeri dan tidak melakukan perjalanan ke luar kota di dalam negeri yang tidak penting.

Baca Juga: KLB Virus Corona, Ini Daftar Pusat Rekreasi di Solo yang Tutup 2 Pekan

2. Aktivitas kampus UNS terpantau sepi

KLB Corona di Solo, Kuliah Online Terkendala Koneksi Jaringan InternetIDN Times/Larasati Rey

Aturan untuk melakukan kuliah secara online di rumah juga diberlakukan di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kabag Humas UMS, Budi Santoso mengatakan pada Senin (16/3) pasca diberlakukannya sistem pelajaran secara online, suasana kampus terlihat sepi. Bahkan lokasi parkir kendaraan yang biasanya dipadati oleh kendaraan mahasiswa, pada pagi hingga sore hari terlihat kosong.

"Kondisi kampus sekarang sepi, parkiran motor siang biasane suk-sukan iki liwat kok glondang (red: biasanya penuh, tadi lewat terlihat kosong)," ujarnya.

Tak hanya memberlakukan sistem online, UMS juga mengeluarkan Maklumat Rektor yang berisi penundaan pelaksaan wisuda hingga batas waktu yang belum ditentukan, wisuda sedianya digelar pada 28 Maret 2020. Sebagai gantinya, mahasiswa dapat mengambil salinan atau copy ijazah dan legalisir di Fakulas masing-masing.

3. Kuliah online terkendala koneksi jaringan internet

KLB Corona di Solo, Kuliah Online Terkendala Koneksi Jaringan Internetaarp.org

Salah satu dosen dari Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran UNS, Fadjri Kirana Anggarani mengaku beberapa mahasiswanya sempat mengalami kesulitan koneksi saat awal mula jam perkuliahan dengan menggunakan aplikasi Google Classroom.

Menurutnya, kuliah online ini lebih efisien jika diterapkan untuk metode perkuliahan teori. Namun untuk praktek, Fadjri lebih memilih untuk bertatap muka langsung kepada mahasiswa, atau jika tidak memungkinkan ia terpaksa menggunakan aplikasi video conference.

"Efisien iya, tapi lebih mantap tatap muka. Kesulitan mungkin lebih ke koneksi, apa lagi ada 25 mahasiswa jadi gak sama kan koneksinya," jelasnya saat dikonfirmasi IDN Times.

Meski memaklumi adanya status KLB virus corona di Kota Solo, wanita yang akrab disapa Kiki tersebut berharap masyarakat bisa lebih sadar pentingnya menjaga diri terhadap penyebaran virus corona.

"Ada kata-kata bagus yg pernah aku dengar dari peneliti Australia. Dia pernah bilang kalau cara paling mudah biar orang itu menyadari pentingnya menjaga diri, adalah bersikap seolah dia adalah pasien, maka akan menjaga diri dan orang lain juga," pungkasnya.

Baca Juga: Wali Kota Solo Tetapkan Status KLB Virus Corona

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya