Konflik Keraton Solo, Gibran Minta Diselesaikan Secara Internal

Mohon izin agar pembangunan di sana tetap berjalan

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka memastikan adanya perselisihan internal Keraton Kasunanan Surakarta pada Senin (9/10/2023) kermarin tidak akan menganggu proses revitalisasi yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Revitalisasi keraton sendiri masuk sebagai salah satu program prioritas pembangunan Gibran.

Baca Juga: Pihak Keraton Solo Minta Maaf Usai Viral Kegaduhan Antar Keluarga

1. Langsung bertolak ke Keraton

Konflik Keraton Solo, Gibran Minta Diselesaikan Secara InternalKompleks KeratonSolo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditemui di Balaikota Solo, Gibran menegaskan jika telah bertemu dengan pihak keraton pasca konflik tersebut terjadi. Kendati demikian, ia mengaku jika perselisian antar keluarga tersebut belum selesai.

"Kemarin saya sudah ke sana siangnya, belum selesai. Kemarin ketemu Kanjeng Gusti Ratu (istri PB XIII)," ujarnya Selasa (10/10/2023).

2. Revitalisasi tetap berlangsung

Konflik Keraton Solo, Gibran Minta Diselesaikan Secara InternalKompleks KeratonSolo. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran menegaskan jika permasalahan internal keraton tidak akan menganggu program revitalisasi yang akan mulau dilakukan pada bulan Oktober ini.

"Mengenai permasalahan internal keraton, kemarin saya tegaskan bahwa apa pun keadaannya mohon kami diizinkan untuk memulai pembangunan," jelasnya.

Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut bahkan sudah melakukan koordinasi dengan Kementrian PUPR, jika serah terima akan tetap dilakukan dengan yayasan yang sudaj disetujui oleh Sinuhun PB XIII.

"Pokoknya pembangunan akan lanjut terus. Kemarin antara Kementerian PUPR dan keraton sudah sepakat serah terima aset akan diserahkan ke yayasan yang kemarin sudah disetujui oleh Sinuhun. Kan harus serah terima, ya itu pembangunan harus jalan terus," jelasnya.

3. Gibran tak ingin ikut campur

Konflik Keraton Solo, Gibran Minta Diselesaikan Secara InternalWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Gibran mengatakan tak ingin ikut campur terkait masalah keluarga Keraton Kasunanan Surakarta. Ia mengaku menyayangkan perselisihan tersebut terjadi kembali menjelang revitalisasi Keraton.

"Monggo diselesaikan internal saja, intinya kami mohon izin agar pembangunan di sana tetap berjalan. Insya Allah tidak menghambat," pungkasnya.

Sebelumnya, konflik keraton kembali memanas anatar pihak Sinuhun Paku Buwono (PB) XIII dengan adik dan putra PB XIII terjadi di Kori Kamandungan pada Senin (9/10/2023) siang.

Pada video yang beredar, kedua kubu tampak beda pendapat terkait penutupan pintu masuk Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat tepatnya di Kori Kamandungan.

Baca Juga: Keraton Solo Mulai Direvitalisasi Besar-besaran Mulai September 2023

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya