Kronologi Putri Raja Solo Terkunci Tak Bisa Keluar Keraton Surakarta

Babak baru konflik Keraton Solo

Surakarta, IDN Times - Konflik Keraton Kasunanan Surakarta kembali memanas. Putri Raja Solo Paku Buwono (PB) II GKR Wandansari Koes Moertiyah (Gusti Moeng), Putri Raja PB XIII GKR Timoer Rumbai beserta tiga abdi dalem terkunci di dalam keraton.

Kelima perempuan tersebut, diduga dikunci oleh oknum saat masuk ke dalam keraton untuk menemuin tamu dari Kantor BPK RI.

1. Putri Jilid II Keraton Surakarta terkurun

Kronologi Putri Raja Solo Terkunci Tak Bisa Keluar Keraton SurakartaCepretan layar status instaram @GKRTimoer.

Dilihat dari akun instagram Putri Raja PB XIII GKR Timoer Rumbai @gkrtimoer mem-posting suasana Karaton Kasunanan Surakarta pada Kamis (11/2/2021) malam. Dalam unggahan tersebut, GKR Timoer juga memperlihatkan sejumlah anggota Brimob yang berjaga di depan Kamandungan kompleks keraton Solo.

Tak hanya itu, dalam foto dan video yang diposting sekitar pukul 00.30 WIB tersebut, GKR Timoer juga memperlihatkan kondisi dalam keraton tepatnya di kawasan Kaputren setelah lama ia tinggalkan, tampak gelap dan tak ada penerangan sama sekali. Sedangkan kondisi ruangan berantakan.

"Putri yang terkurung jilid II," ujarnya dalam video instagram tersebut.

Baca Juga: Tahun Baru Imlek 2021, Kelenteng Tien Kok Sie Solo Justru Tutup Pintu

2. Diduga dikunci oleh oknum

Kronologi Putri Raja Solo Terkunci Tak Bisa Keluar Keraton SurakartaKPH Eddy Wirabhumi. IDNTimes/Larasati Rey

KPH Eddy Wirabhumi mengatakan, istrinya Gusti Moeng berada di dalam keraton sejak Kamis (11/2/2021) malam. Sebelumnya Gusti Moeng dan GKR Timoer masuk ke dalam keraton untuk menemui tamu dari BPK RI. Tetapi saat akan bertemu, ternyata tamu tersebut diarahkan menuju ke arah pintu masuk Sasana Putra.

Gusti Moeng dan GKR Timoer beserta tiga abdi dalemnya telah berada di dalam Kaputren kompleks keraton untuk melihat kondisi terakhir tempat tinggalnya. Saat akan keluar keraton, rupanya sejumlah pintu akses keluar sudah dikunci.

"Setelah tamunya diarahkan ke pintu barat, Gusti berusaha keluar namun akses sini (pintu depan dan belakang) terkunci, lalu Gusti berusaha keluar lewat Kaputren juga terkunci juga. Saya juga masuk tapi di sini aja (red: depan) dan saya berusaha keluar sekitar pukul 22.30 WIB malam," jelasnya.

3. Listrik dimatikan

Kronologi Putri Raja Solo Terkunci Tak Bisa Keluar Keraton SurakartaAbdi dalem Keraton Solo mencoba mengirim makanan ke dalam keraton. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut Eddy mengatakan jika kondisi keraton pada Kamis (11/2/2021) malam gelap gulita lantaran listrik utama keraton dimatikan. Selain itu, berdasarkan laporan dari Gusti Moeng, kondisi di ndalem Kaputren juga tidak ada gas elpiji yang dapat digunakan untuk membuat makanan.

Pihaknya bahkan mencoba untuk mengirim makanan ke dalam, tapi gagal karena tidak diperbolehkan untuk masuk.

"Sebetulnya Gusti Mangkubumi mau kirim nasi ke Gusti karna Gusti baru makan pada siang hari bersama saya. Tadi malam listrik dimatikan lalu gas juga diambil jadi tidak punya akses untuk membuat makanan dan minuman, untungnya abdi dalem punya punya makanan roti sehingga dimakan bersama," pungkasnya.

Hingga berita ini dimuat, Gusti Moeng dan Gusti Timoer beserta tiga abdi dalem lainnya masih berada di dalam keraton.

Baca Juga: Stok Kosong! PMI Surakarta Butuh Cepat 20 Plasma Darah Pasien COVID-19

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya