Lega! BI Solo Ganti Rp20 Juta Uang Samin yang Rusak Dimakan Rayap

Samin mendapat uang dengan edisi terbaru

Surakarta, IDN Times - Uang milik Samin yang rusak dimakan rayap, akhirnya bisa ditukar Bank Indonesia (BI) cabang Solo, meski tidak semuanya. BI Solo menukar uang tabungan milik penjaga sekolah SDN Lojiwetan, Solo tersebut sebesar Rp20.220.000 dari sekitar Rp50 juta yang sebelumnya hancur dimakan rayap.

1. BI tidak ganti semua uang Samin yang rusak

Lega! BI Solo Ganti Rp20 Juta Uang Samin yang Rusak Dimakan RayapSamin dan istri menerima uang ganti yang dimakan rayap. (IDN Times/Larasati Rey)

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Solo, Nugroho Joko Prastowo mengaku tidak mengganti uang milik Samin yang dimakan rayap karena kebanyakan uang yang rusak tidak memenuhi syarat dua per tiga dari luasan uang kertas yang bisa ditukar BI.

"Selama dua hari kami identifikasi sisa kertas uang yang dimakan rayap. Dari sisa lembaran uang yang dimakan rayap, pada hari Selasa (13/9/2022) lalu yang berhasil memenuhi syarat dua per tiga bagian sebesar Rp9.910.000," katanya Kamis (15/9/2022).

Kemudian pada hari Rabu (14/9/2022), dengan dibantu tim, BI Solo berhasil menyusun kembali serpihan uang yang telah hancur itu sebanyak Rp10.310.000.

"Jadi jumlah total uang yang sah mendapatkan penggantian sebesar Rp20.220.000. Ini jumlah optimal yang bisa BI Solo bantu. Kemarin dibantu teman-teman dari BI mencoba menyusun seperti main puzzle. Selebihnya untuk yang potongan kecil tidak bisa direkonstruksi," aku Joko.

Baca Juga: Rayap Makan Uang Samin di Solo Rp50 Juta, Tabungan 2,5 Tahun

2. Samin mendapat penganti uang emisi terbaru

Lega! BI Solo Ganti Rp20 Juta Uang Samin yang Rusak Dimakan RayapSamin dan istri menerima uang ganti yang dimakan rayap. (IDN Times/Larasati Rey)

Nugroho menyerahkan uang baru tersebut kepada Samin di Kantor BI Solo. Adapun, penggantinya adalah uang pecahan terbaru emisi 2022.

"Jadi ini khusus untuk uang Pak Samin kami beri uang emisi terbaru tahun 2022, dari pecahan Rp2.000 rupiah hingga Rp100.000 rupiah," ujar Joko sembari menyerahkan uang kepada Samin.

Lebih lanjut, Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menyimpan uang tabungannya di bank karena lebih aman dan mudah untuk bertransaksi.

"Boleh simpan di celengan tapi setelah dua atau tiga bulan terkumpul, setor ke bank. Sehingga akan lebih cepat teridentifikasi jika ada kerusakan," ucapnya.

3. Samin lega uangnya bisa kembali

Lega! BI Solo Ganti Rp20 Juta Uang Samin yang Rusak Dimakan RayapSamin dan istri menerima uang ganti yang dimakan rayap. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Samin yang didampingi istrinya, Wati bersyukur uangnya yang rusak bisa diganti BI meski tidak semuanya.

"Terima kasih kepada BI Solo yang telah bersusah payah membantu menyatukan serpihan uang sehingga maksimal," ujarnya.

Samin juga mengajak masyarakat untuk mencintai uang rupiah dengan menyimpannya di bank.

"Cintai, bangga, dan pahami. Jangan seperti saya menabung di omplong (celengan). Kalau dulu saya gak menabung di omplong, cita-cita mendaftar haji bisa tercapai," jelas Samin.

Nantinya uang yang ia terima tersebut akan langsung digunakan untuk mendaftar haji ia dan istrinya, di salah satu bank syariah, beserta dengan sisa uang yang tidak ikut rusak.

Baca Juga: Uang Dimakan Rayap, Samin Gagal ke Tanah Suci, Gibran Tawari Umrah

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya