Pertama Kali, KGPAA Mangkunegara X Pimpin Upacara 17 Agustus di Solo

Tokoh Kota Solo pimpin upacara HUT ke 78 RI

Surakarta, IDN Times - Untuk pertama kalinya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X memimpin Upacara Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Lapangan Sriwedari Solo, Kamis (17/8/2023).

Upacara tersebut dihadiri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama jajaran Forkopimda Solo, perwakilan dari dinas dan berbagai instansi serta sekolah-sekolah.

Baca Juga: Absen Acara Konsolidasi PDIP, Gibran: Yang Ingusan Tidak Diundang

1. Gusti Mangkunegara mengaku sempat tegang

Pertama Kali, KGPAA Mangkunegara X Pimpin Upacara 17 Agustus di SoloUpacara HUT ke 78 RI di Stadion Sriwedari, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Upacara yang dipimpin oleh Penguasa Pura Mangkunegaran tersebut berjalan dengan lancar. Bahkan sejumlah peserta upacara memeberikan tepuk tanggan saat pasukan Paskibrakan sukses mengibarkan bendera Merah Putih.

Usai upacara, KGPAA Mangkunegara X mengaku sempat tengang di awal-awal memimpin, ia mengaku baru pertama kali menjadi pembina upacara di Hari Kemerdekaan. Ia bahkan sudah berlatih sejak tanggal 15 Agustus 2023.

"Karena pengalaman pertama kali juga, tentunya latihan di lokasi maupun di Pura, jadi ya ini kombinasi kerja keras beberapa hari ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Gusti Mangkunegara X merasa senang jika pelaksanaan upacara ini berlangsung dengan sukses. Ia mengaku ini menjadi awal yang baik supaya menuju 17 Agustus kedepan semakin maju untuk Kota Solo dan Indonesia.

"Ini merupakan suatu momen yang dilandasi rasa kebersamaan ini dan kita tahun ini semakin kuat lagi nyengkuyung satu sama lain, kolaborasi satu sama lain untuk satu tujuan yang sama yakni untuk kepentingan bangsa dan negara ini," katanya.

2. Gibran pakai baju adat Bali

Pertama Kali, KGPAA Mangkunegara X Pimpin Upacara 17 Agustus di SoloUpacara HUT ke 78 RI di Stadion Sriwedari, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam upacara tersebut, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka memakai pakaian adat Bali, sedangkan istrinya mengenakan baju kebaya berwarna biru.

Gibran mengaku sengaja memakai pakaian adat Bali supaya berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Ya karena kita pengen pakai yang lain, kalau beskap kan sudah biasa, hari ini pakai Bali," ungkapnya.

3. Sengaja beri kesempatan ke tokoh Kota Solo jadi pemimpin upacara

Pertama Kali, KGPAA Mangkunegara X Pimpin Upacara 17 Agustus di SoloPeserta upacra HUT ke 78 RI di Stadion Sriwedari, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran sengaja meminta KGPAA Mangkunegara X untuj memimpin upacara lantaran sebagai simbol kerja sama antara Pemkot Solo dengan Pura Mangkunegaran sebagai salah satu mitra pemerintah.

"Kami ingin menunjukkan bahwa kolaborasi antara Pemkot Surakarta dengan Mangkunegaran dan Kasunanan (Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat) adalah hal yang sangat krusial karena Solo ini adalah kota budaya," jelasnya.

Melalui upacara tersebut, ia ingin menunjukkan kepada anak muda, terutama yang datang ke upacara bahwa Solo tidak boleh keluar dari jalurnya.

"Kami ingin melibatkan anak-anak muda, lebih banyak melibatkan orang yang peduli di bidang kebudayaan, maka kami ingin 17 prioritas pembangunan di Kota Solo ini berjalan dengan lancar, dan sekali lagi melibatkan anak-anak muda," katanya.

Kedepan Gibran mengaku tidak menutup kemungkinan akan memberikan kesempatan kepada para tokoh di Kota Solo untuk memimpin upacara bendera.

Baca Juga: Soal Gugatan MK, Prabowo Tiba-tiba Beri Selamat ke Gibran

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya