Presiden Jokowi Tiba-Tiba Hadir ke Jumenengan KGPAA Mangkunegara X

Hanya berkunjung sekitar 10 menit

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan hadir dalam upacara adat kenaikan tahta atau jumenengan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X yang dilaksanakan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2022).

Kedatangan Presiden Jokowi sendiri diluar jadwal kegiatan. Presiden menyempatkan datang lantaran masih berada di Solo untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus mendatangi acara pernikahan salah satu keluarga.

Baca Juga: Profil GPH Bhre Cakrahutomo, Mangkunegara X Baru: Millennial dari UI

1. Hanya hadir sekitar 10 menit.

Presiden Jokowi Tiba-Tiba Hadir ke Jumenengan KGPAA Mangkunegara XPresiden Jokowi duduk diantara Raja PB XIII dengan HB X Yogyakarta di Pura Mangkunegaran. (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kedatangan Presiden Jokowi ke acara adat kenaikan tahta KGPAA Pura Mangkunegaran sekitar pukul 11.50 WIB, dan langsung berjalan menuju 'paringgitan' tempat Adipati Mangkunega X duduk.

Presiden kemudian langsung dengan Prameswari Mangkunegara IX dan juga Adipati Mangkunegara X. Presiden juga tampak berbincang kepada Adipati Mangkunegara X di paringgitan.

Tak hanya itu, Presiden juga duduk sebentar di paringgitan. Presiden Jokowi duduk di tengah antara Sri Sultan Hamengkubuwana X dan Raja PB XIII Keraton Kasunanan Surakarta.

Usai berbincang selama beberapa menit, Presiden Jokowi kemudian berpamitan dan meninggalkan lokasi sekitar pukul 12.00 WIB.

2. Ucapkan selamat kepada Mangkunegara X

Presiden Jokowi Tiba-Tiba Hadir ke Jumenengan KGPAA Mangkunegara XPresiden Jokowi berikan selamat kepada KGPAA Mangkunegara X. (Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan jika kedatangan Presiden Jokowi tersebut untuk mengucapkan selamat kepada KGPAA Mangkunegara X atas penetapannya sebagai pemimpin di Pura Mangkunegaran.

"Enggaklah Pak Jokowi tadi kan datang hanya mengucapkan selamat kepada Mas Bhre yang sekarang sudah menjadi raja itu aja, kalau saya kan hanya mendampingi beliau sebagai Gubernur yang ndereke (mengantar) beliau," ucapnya.

Ganjar berharap dikepemimpinan KGPAA Mangkunegara X yang terbilang masih mudah tersebut membawa semangat dan spirit yang bagus sehingga bisa membawa kebudayaan keraton ke ranah yang lebih baik lagi.

"Tadi pidatonya beliau bagus, sehingga bisa merevitalisasi keraton sehingga keraton bisa menjadi central culture sehingga orang-orang bisa berdatangan kesini," jelasnya.

3. Jumenengan KGPAA Mangkunegara X

Presiden Jokowi Tiba-Tiba Hadir ke Jumenengan KGPAA Mangkunegara XKGPAA Mangkunegara X. (IDN Times/Larasati Rey)

Upacara naik tahta Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo resmi menjadi KGPAA Mangkunegara X dilaksanakan di Pura Mangkunegaran.

Prosesi kenaikan tahta dimulai pada pukul 10.00 WIB. Bhre yang mengenakan bawahan berupa kain batik bermotif parang dengan atasan beskap hitam dikukuhkan langsung oleh ibundanya Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Sejumlah tu undangan baik dari tamu kerajaan hingga pemerintahan hadir dalam upacara kenaikan tahta tersebut.

Baca Juga: GPH Bhre Jadi Mangkunegara X, Calon Lain Kaget

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya