GPH Bhre Jadi Mangkunegara X, Calon Lain Kaget

Mengaku mengetahui informasi dari media massa.

Surakarta, IDN Times - Sejumlah keluarga mengaku kaget adanya penetapan Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo secara resmi ditunjukan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X.

Pengumuman resmi ini disampaikan oleh Wedono Satriyo Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat yang didampingi para kerabat di Pura Mangkunegaran Surakarta, Selasa (1/3/2022).

Baca Juga: Profil GPH Bhre Cakrahutomo, Mangkunegara X Baru: Millennial dari UI

1. GPH Paundra ungkap kesedihan di media sosial

GPH Bhre Jadi Mangkunegara X, Calon Lain KagetInstagram.com/gphpaundrakarna1

Salah satu kandidat Mangkunegara X, G.P.H. Paundrakarna Jiwo Suryonegara atau Paundra merupakan anak pertama dari Mangkunegara IX dengan putri Bung Karno, Sukmawati Soekarnoputri belum berkomentar banyak.

Namun, sebelumnya melalui media sosial instagram @gphpaundrakarna1 sempat membuat postingan melalui stories instagram. Dalam stories tersebut GPH Paundra membuat tulisan berbahasa Inggris dengan dilengkapi emoticon berdoa.

"Everything is hard for me.So I shouldn't believe that. Kindness is everywhere. People don't feel what I feel. There's no point in thingking. We can get through this together. By being kind to others. By looking out for one another. Now read this bottom up. (Semuanya sulit bagi saya. Jadi saya seharusnya tidak percaya itu. Kebaikan ada di mana-mana. Orang tidak merasakan apa yang saya rasakan. Tidak ada gunanya berpikir. Kita bisa melewati ini bersama. Dengan bersikap baik kepada orang lain. Dengan saling memperhatikan. Sekarang baca ini dari bawah ke atas)," tulis GPH Paundra di stories Instagram.

Tak hanya itu GPH Paundra juga mengupload stories foto dirinya sedang tersenyum dan makan. Ia juga menuliskan caption yang isinya permintaan maaf serta rasa sedih yang ia rasakan. Ia bahkan mengetag sejumlah nama yang diantaranya ibunya Sukmawati Soekarno Putri serta adiknya GR Ayu Putri Agung Suniwati.

"Dalam senyum saya masih berduka dan belum move on mewakili pula duka dan perasaan dari Gusti @puteriastrini, Ibu saya @sukmawatisukarnoputri, dan adik saya @menursoekarno77," tulisnya.

2. KRMH Roy merasa tak dilibatkan

GPH Bhre Jadi Mangkunegara X, Calon Lain KagetKRMH Roy Rahajasa Yamin salah satu kandidat Mangkunegara X. IDNTimes/Larasati Rey

Sementara itu, KRMH Roy Rahajasa Yamin saat dikonfirmasi media mengaku kaget dengan adanya berita pengumuman tersebut. Roy sapaan akrabnya justru mengetahui berita penetapan Mangkunegara X dari media massa.

"Justru saya tahu dari media," ujarnya saat dihubungi, Selasa (1/03/2022).

Roy sendiri merupakan keluarga Pura Mangkunegaran, ia adalah putra dari Dang Rahadian Sinayangish Yamin dan GRA Retno Satuti yang merupakan putri tertua KGPAA Mangkunegara VIII. Dang Rahadian merupakan anak dari Pahlawan Nasional Mohammad Yami dengan Siti Sundari Yamin. Dan Roy sendiri merupakan cucu pahlawan nasional Mohammad Yamin.

3. Keputusan diambil secara musyawarah

GPH Bhre Jadi Mangkunegara X, Calon Lain KagetGPH Bhre Cakrahutomo, Putra Mangkunegara IX. IDNTimes/Larasati Rey

Dalam jumpa pres yang berlangsung di Pura Mangkunegaran, Wedono Satriyo Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, mengatakan jika pemilihan GPH Bhre Cakrahutomo melalui musyawarah keluarga.

"Keluarga sudah musyawarah terkait masalah ini. Hasilnya Prameswari Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegaran IX mewakili keluarga dan sederek dalem menunjuk GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegara X," jelas Selasa (1/03/2022).

"Keluarga dalem telah menunjuk GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo untuk di jumenengkan menjadi KGPP Mangkunegara X," imbuhnya.

Lebih lanjut, Lilik mengatakan rencananya tata cara adat jumenengan atau upacara kenaikan tahta KGPAA Mangkunegara X akan dilakukan pada tanggal 12 Maret 2022 mendatang atau 8 ruwah alip 1955 menurut penanggalan Jawa.

Baca Juga: Putra Mangkunegara IX Bertemu Gibran Rakabuming, Ini Yang Dibahas

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya