Profil GPH Bhre Cakrahutomo, Mangkunegara X Baru: Millennial dari UI

Keren! Punya segudang prestasi internasional

Surakarta, IDN Times - Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo secara resmi ditunjuk sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X. Pengumuman resmi itu disampaikan oleh Wedono Satriyo Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat yang didampingi para kerabat di Pura Mangkunegaran Surakarta, Selasa (1/3/2022).

"Keluarga dalem telah menunjuk GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo untuk dijumenengkan (dinaik tahtakan) menjadi KGPP Mangkunegara X," terang Wedono Satriyo Pura Mangkunegaran, KRMT Lilik Priarso Tirtodiningrat, Selasa (1/3/2022).

1. Menjadi anak bungsu dari istri kedua Mangkunegara IX

Profil GPH Bhre Cakrahutomo, Mangkunegara X Baru: Millennial dari UIPenetapan GPH Bhre Cakrahutomo sebagai KGPAA Mangkunegara X, Selasa (1/03/2022). (IDN Times/Larasati Rey)

GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo adalah putra bungsu hasil pernikahan KGPAA Mangkunegara IX dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX. Bhre lahir pada tanggal 29 Maret 1997 dan saat ini memasuki usia 24 tahun.

GPH Bhre berbeda ibu dengan GPH Paundrakarna yang mana dari pernikahannya dengan Sukmawati ada dua anak. Yakni, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GR Ayu Putri Agung Suniwati.

Sementara dari pernikahan dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX, terdapat dua anak. Keduanya adalah GR Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Baca Juga: Pemberian 580 Gelar Keraton Solo, Tarian Kanjeng Ratu Kidul Dimainkan

2. Alumnus Universitas Indonesia dengan segudang prestasi

Profil GPH Bhre Cakrahutomo, Mangkunegara X Baru: Millennial dari UIGPH Bhre Cakrahutomo beserta kakak dan ibunya.(Dok. instagram @ancsud)

GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo merupakan lulusan Fakultas Hukum, Universitas Indonesia. Dari penelusuran IDN Times, banyak prestasi yang ditorehkan olehnya.

Dilansir puromangkunegaran.com, Bhre pernah tergabung dalam Tim Mooting Vis FH UI dan berhasil mendapatkan gelar champion pada sesifinal Pre-Moot Willem C Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018.

Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot (Vis Moot) adalah pertandingan pengadilan semu yang diselenggarakan oleh Pace Law School, Vis Moot Foundation, dan United Nations Commission on International Trade Law. Sedangkan pre-moot merupakan pemanasan para peserta untuk memperbaiki argumen dan latihan tanding sebelum terjun ke ajang Vis Moot.

Kompetisi Vis Moot menjadi salah satu kompetisi moot court paling prestisius di Dunia terutama untuk bidang arbitrase komersial.

3. Upacara kenaikan tahta digelar tanggal 12 Maret 2022

Profil GPH Bhre Cakrahutomo, Mangkunegara X Baru: Millennial dari UIPura Mangkunegaran. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Lilik mengatakan rencananya tata cara adat jumenengan atau upacara kenaikan tahta KGPAA Mangkunegara X akan diadakan pada 12 Maret 2022 atau 8 Ruwah Alip 1955 menurut penanggalan Jawa.

Sesuai dengan adat, sepakat antarkeluarga Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegaran IX mendukung GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegara X.

"Keluarga sudah musyawarah terkait masalah ini. Hasilnya Prameswari Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegaran IX mewakili keluarga dan sederek dalem menunjuk GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebagai KGPAA Mangkunegara X," jelas dia.

Seperti diketahui, KGPAA Mangkunegaran IX meninggal dunia pada 13 Agustus 2021. Selama sekitar tujuh bulan lamanya, tampuk kepemimpinan Pura Mangkunegaran Surakarta kosong.

Baca Juga: Profil Putra Mahkota Raja Baru Keraton Solo: 21 Tahun, Jago Dalang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya