Resmi Beroperasi Minggu, KA Bandara Solo Gratis Selama Dua Bulan

Gelar soft openning tanggal 29 Desember 2019.

Solo, IDN Times - Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo (KA BIAS) resmi beroperasi pada Minggu, (29/12). Untuk memberikan impresi kepada para warga masyarakat dan wisatawan, Menhub akan mengratiskan tiket KA BIAS selama dua bulan ke depan.

Hal ini dilakukan agar masyarakat terbiasa menggunakan moda transportasi umum yang telah terintegrasi antara bandara, stasiun kereta, dan terminal bus.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Stasiun Kereta Batang Pakai Listrik Tenaga Surya

1. Proyek selesai 100 persen

Resmi Beroperasi Minggu, KA Bandara Solo Gratis Selama Dua BulanMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajal KA Bandaara Adi Soemarmo. IDN Times/Larasati Rey

Saat meninjau operasional KA BIA, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Dirut PT KAI Edi Sukmoro berkesempatan menaiki moda transportasi yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Bandara Internasional Adi Soemarmo. Dalam tinjauan tersebut, Menhub mengatakan jika proyek KA Bandara telah selesai 100 persen.

"KA Bandara dari Balapan ke Adi Soemarmo pada dasarnya sudah siap 100 persen, oleh karenanya kita akan melakukan soft opening untuk dioperasikan secara terbatas," ujar Menhub saat meninjau KA BAIS di Stasiun Solo Balapan, Sabtu (29/12).

Lebih lanjut, Budi mengatakan KA BIAS ini menjadi satu contoh intergrated antarmoda yang baik. Ia mencontohkan, penumpang dari Wonogiri atau Madiun yang turun ke Terminal Tirtonadi bisa langsung ke Stasiun Solo Balapan melalui sky bridge. Kemudian bisa langsung ke Bandara Adi Soemarmo menggunakan kereta bandara.

2. Tarif nol rupiah hingga dua bulan ke depan

Resmi Beroperasi Minggu, KA Bandara Solo Gratis Selama Dua BulanKA Bandara Adi Soemarmo mulai dioperasikan Minggu (29/12) dan selama dua bulan bakal digratiskan untuk umum. IDN Times/Larasati Rey

Untuk uji coba sistem intregrasi antar moda, Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengatakan akan menggratiskan tiket KA Bandara hingga dua bulan ke depan. Hal ini diharapakan KA BIAS bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat lokal, dan memberikan impresi kepada para wisatawan yang hendak menggunakan moda trasportasi kereta dan pesawat secara bersamaan.

"Dua bulan ini tarifnya nol rupiah. Gratis selama Januari-Februari. Setelah itu kami harapkan tarifnya tidak mahal. Rencananya, kereta bandara mulai beroperasi pagi sampai sore hari. Kereta ini akan langsung masuk ke bandara, tidak lagi nyambung kemana-mana. Langsung masuk ke area bandaranya. Ini adalah pertama kali kereta api masuk bandara di Indonesia," kata Edi.

3. Lokasi Stasiun Bandara berdekatan dengan pintu keberangkatan

Resmi Beroperasi Minggu, KA Bandara Solo Gratis Selama Dua BulanStasiun KA BIAS Bandara Adi Soemarmo Solo. IDN Times/Larasati Rey

KA BIAS memiliki jalur sepanjang 12,997 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 20 menit termasuk transit di Stasiun Kadipiro. Dalam sehari akan terdapat sekitar 60 perjalanan kereta yang melayani dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara Adisumarmo maupun sebaliknya, yang dilayani dengan 2 (dua) set kereta api (trainset), dengan headway (jarak antar kereta) sekitar 37 menit.

KA BIAS ini memiliki desain berwarna hijau dan senada dengan interior dan kursi di dalamnya. Letak kursi berhadapan dengan single seat yang muat untuk empat orang. Masing-masing kursi mendapat fasilitas dua stop kontak.

KA ini melewati pinggiran jalan tol Kertosono. Penumpang disajikan pemandangan persawahan bagian kiri, dan pemandangan lalu lintas jalan tol di bagian kanan. Saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, penumpang langsung masuk ke area bandara yang berdekatan dengan pintu keberangkatan pesawat. Sehingga penumpang tidak perlu berjalan jauh, untuk masuk ke area boarding.

 

4. Simak video KA BIAS berikut ini;

https://www.youtube.com/embed/U6Y3Y0s7Igk

Baca Juga: Dinilai Tim ACI, Bandara Adi Soemarmo Solo Siap Go Internasional

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya