Comscore Tracker

Dinilai Tim ACI, Bandara Adi Soemarmo Solo Siap Go Internasional

Promosikan Kota Solo lewat bandara.

Solo, IDN Times – Untuk meningkatkan rute penerbangan internasional di Bandara Internasional Adi Soemarmo, PT Angkasa Pura I menggandeng Airport Council International (ACI) untuk melakukan kegiatan Airport Excellent (APEX) in safety. ACI dinilai cocok untuk memberikan sertifikat kelayakan bandara untuk penerbangan internasional.

Baca Juga: KA Bandara Adi Soemarmo Siap Operasi, Harga Tiket Rp10 Ribu-Rp15 Ribu

1. Undang tim ACI dari berbagai negara

Dinilai Tim ACI, Bandara Adi Soemarmo Solo Siap Go InternasionalIstimewa

Direktur Operasional PT AP I, Wendo Asrul Rose mengatakan kegiatan tersebut akan menilai dan mengevaluasi bandara sesuai dengan standar dari ICAO. Tim penilai ACI sendiri berasal dari berbagai negara, diantaranya Safety Manager APEX Programme yakni  diantaranya Juan Manuel Manriquez Vinas, Airport Deputy Manager Oman Airport  Mohamed Ali Aman Bait Jamil, Airside Operation Delhi International Subrahmanyam Yedavalli Venkata, Safety Manager Airport Authority Hongkong Anna Hung, dan Deputy General Manager Bangalor International Airport Limited Selvaraj Arumugam.

“Bandara Adi Soemarmo menjadi bandara keenam yang melakukan APEX in safety. Pekan lalu bandara internasional Ahmad Yani. Jadi tim penilainya berasal dari berbagai perwakilan anggota ACI,” jelasnya usai membuka acara APEX in safety di Alila Hotel Solo, Senin (4/11). 

2. Siapkan 40 dokumen pemeriksaan

Dinilai Tim ACI, Bandara Adi Soemarmo Solo Siap Go InternasionalDok.IDN Times/Istimewa

Dalam kegiatan yang menjadi komitmen dari PT. Angkasa Pura untuk keselamatan dan keamanan ini, ACI akan memeriksa 40 dokumen pemeriksaa. Dari penilaian dan pemeriksaan yang dilakukan tersebut, nantinya akan muncul rekomendasi dari tim penilai tentang kelayakan dari Bandara Adi Soemarmo. 

”Biasanya rekomendasi muncul satu bulan pasca penilaian. Program ini sifatnya sukarela dan tidak memaksa. Namun biasanya pihak bandara yang meminta untuk mengukur tingkat keselamatan dan keamanannya,” ucap Wendo. 

3. Siapkan untuk go internasional

Dinilai Tim ACI, Bandara Adi Soemarmo Solo Siap Go InternasionalANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

General Manager PT Angkasa Pura I, Abdullah Usman mengatakan kedatangan tim dari ACI akan membantu promosi bandara Adi Soemarmo ke luar negeri. Saat ini bandara Internasioal Adi Soemarmo melayani tiga rute penerbangan internasional yakni ke Malaysia, Kunming China, dan Jedah Arab Saudia.

“Saya mengharapkan Mr Juan bisa menjual Solo, Solo itu ikut di bandara kelas 2,5 juta per tahun itu ada 52 bandara di situ, kita dishare sama dia dan beredar ke semua negara,”ungkapnya.

Selain untuk mempromosikan Kota Solo, adanya penilaian dari ACI ini juga sekaligus membuka kran perizinan keamanan penerbangan bertaraf internasional. “Jadi kita harapkan ada pesawat dari luar negeri bisa landing langsung disini, tanpa harus mengecek safety APEX disini,” jelasnya.

Baca Juga: Pengerjaan Jalan Menuju Bandara Jenderal Soedirman Dikebut

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya