Ridwan Kamil Bertemu Gibran, Bahas Program Hingga Tinjau Masjid

Ridwan Kamil beri masukan soal 10 proyek strategis Gibran.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengajak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo, Sabtu (29/10/2022).

Dalam tinjauan tersebut, Ridwan Kamil memberikan pujian desain masjid hadiah Pangeran Uni Emirat Arab (UEA) untuk Presiden Joko 'Jokowi' Widodo tersebut.

Baca Juga: Talkshow Y20 Solo, Ganjar-Ridwan Kamil Makin Mesra, Siap di Pilpres?

1. Beri nilai 9 untuk bangunan masjid Sheikh Zayed.

Ridwan Kamil Bertemu Gibran, Bahas Program Hingga Tinjau MasjidGibran Rakabuming dan Ridwan Kamil tinjau Masjid Sheikh Zayed Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai peninjauan pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut memberikan penilaian terhadap dengan bangunan masjid. Mantan Walikota Bandung tersebut memberikan nilai 9 untuk desain dan bangunan Masjid Sheikh Zayed, Solo.

"Ini kan replika ya dari masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi untuk eksistensi di Indonesia salah satu yang paling bagus untuk tema timur tengah ya bagus. Nilainya 9," ujarnya usai meninjau proses pembangunan masjid.

Kang Emil mengatakan meski merupakan replika dari masjid Sheikh Zayed di UEA, namun masjid Sheikh Zayed Solo ini tetap mengadopsi budaya lokal, salah satunya dengan pemasangan lantai yang memiliki ornamen batik.

"Lha ini kan polanya batik, jadi keindonesiaan itu gak harus diterjemahkan dengan eksteriornya, temanya kan memang replika kan jadi pola lantainya dindingnya saja sudah blend lah dengan budaya Indonesia dan budaya Timur Tengahnya dicampur," ujarnya.

Tak hanya memberikan apresiasi, Ridwan Kamil juga mengatakan jika banguanan masjid Sheikh Zayad terbilang fotogenik, ia bahkan ingin berkunjung kembali saat masjid yang dibangun dengan dana sekitar Rp 300 miliar tersebut selesai dibangun.

"Ini fotogenik lho, yang penting mah selain masjidnya bagus memaksmurkan masjid itu sudah jadi sebuah kewajiban bersama," ungkapnya.

2. Kota Solo adopsi sejumlah proyek dari Jabar.

Ridwan Kamil Bertemu Gibran, Bahas Program Hingga Tinjau MasjidGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelum meninjau masjid Sheikh Zayed, Ridwan Kamil dan Gibran melakukan pertemuan di rumah dinas Loji Gandrung. Pertemuan tersebut membagas soal sistem reformasi birokrasi aparatur sipil negara (ASN). Rencananya Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan mengadopsi program tersebut.

"Pemerintah Kota Solo mau mengadopsi satu atau beberapa aplikasi kepegawaian Pemprov Jawa Barat. Saya akan berikan dengan senang hati, sistem reformasi birokrasi Jabar kan tahun lalu jadi yang terbaik se-Indonesia ya," ujar Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil aplikasi sistem reformasi birokrasi ini berhasil membawa kinerja ASN di Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapatkan predikat terbaik se-Indonesia dari Pemerintah Pusat.

"Aplikasi ini dapat melindungi ASN dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Kinerja PNS dan ASN di Jawa Barat itu terbaik se-Indonesia, karena kita kunci dengan aplikasi," katanya.

Ridwan mengaku dengan senang hati akan membantu Pemkot Solo dalam upaya meningkatkan kinerja PNS dan ASN dibawah kendali putra sulung Presiden Jokowi.

"Mas Wali berkenan, tidak ada effort lagi. Jadi tinggal copy paste saja, ini bagian dari kerja sama," ungkapnya.

3. Beri masukan untuk 10 proyek strategis Gibran.

Ridwan Kamil Bertemu Gibran, Bahas Program Hingga Tinjau MasjidGibran Rakabuming dan Ridwan Kamil tinjau Masjid Sheikh Zayed Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam pertemuan tersebut, Ridwan Kamil juga menilai Kota Solo memiliki perkembangan yang cepat di bawah kepemimpinan Gibran. Terutama dengan adanya 10 proyek strategis.

"Solo perkembangannya cepat. Dalam waktu singkat banyak proyek strategis yang dilakukan oleh mas Gibran," katanya.

Ia juga memberikan beberapa tips sebagai profesioanal dibidang arsitek untuk pembangunan kota.

"Kuncinya bikin Solo betah, betah itu diterjemahkan jadi fasilitas, jalur pejalan kaki, keteduhan. Saya kira itu sudah diperlihatkan disini," ucapnya.

4.Gibran menilai Ridwan Kamil sosok yang luar biasa.

Ridwan Kamil Bertemu Gibran, Bahas Program Hingga Tinjau MasjidWalikota Solo, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/ Larasati Rey)

Selama 2 hari bertemu, Girbran menilai Ridwan Kamil sebagai sosok yang luar biasa. Selain melek teknologi, tak hanya itu Ridwan juga paham dengan infrastruktur. Hal tersebut diketahui saat disodorkan 10 program pembangunan yang diprioritaskan.

"Beliau banyak ngasih masukan terkait infrastruktur. Karena backgroundnya arsitek ya, saya rasa masukannya luar biasa sekali. Beliau orangnya detail sekali, luar biasa," pungkasnya.

Baca Juga: Ketua DPC PDIP Solo Dukung Gibran Maju Jateng 1

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya