Sempat Kisruh, UNS Kembali Gelar Pemilihan Rektor

Digelar akhir tahun 2023.

Surakarta, IDN Times - Setelah Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Sebelas Maret (UNS) dibekukan, UNS kembali menyiapkam skema dan tahapan untuk pemulihan.

Hal ini telah dibahas bersama oleh UNS Tim Teknis Pendukung Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) di Kantor Ditjen Diktiristek, Jakarta, Senin (31/7/2023) lalu.

Baca Juga: Dua Eks Guru Besar UNS Lapor Dugaan Kasus Korupsi Rp57 M ke Gibran

1. Lakukan tahapan pemulihan.

Sempat Kisruh, UNS Kembali Gelar Pemilihan RektorKetua Dewan Profesor UNS, Suranto Tjiptowibisono. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Dewan Profesor UNS, Suranto Tjiptowibisono mengatakan ada tahapan-tahapan dalam pemulihan MWA yang kini mulai disusun dan pemilihan rektor baru UNS.

"Tahapan pemulihan dan pengangmatan MWA, pertama penataan keanggotaan senat akademik fasiltas dilakukan Juli dan Agustus 2023. Ini pak rektor sudah mulai berjalan, hanya tinggal beberapa falultas yang belum mengirimkan," katanya saat jumpa pers di Gedung GPH Haryo Mataram, UNS, Selasa (1/8/2023).

2. Kembali bentuk anggota MWA baru.

Sempat Kisruh, UNS Kembali Gelar Pemilihan RektorDemo FKOR UNS terkait somasi MWA. (IDN Times/Larasati Rey)

Suranto juga mengungkapkan, dalam hal ini pihaknya diminta oleh Rektor UNS, Jamal Wiwoho untuk membantu penataan keanggotaan Senat Akademik Fakultas pada Juli hingga Agustus 2023. Kemudian dilanjutkan dengan penataan Senat Akademik tingkat Universitas yang akan dilaksanakan pada Agustus hingga September 2023.

Setelah itu pihaknya akan melakukan pemilihan anggota MWA yang dilaksanakan pada September-Oktober 2023 mendatang. Sedangkan, pengaktifan kembali MWA diharapkan bisa dilaksanakaan pada Oktober-November 2023.

"Baru kemudian setelah terbentuk baru, kemudian kita akan mengadakan pemilihan anggota MWA. Perlu diketahui bahwa anggota MWA itu ada yang berasal dari Senat Akademik sebanyak 7 orang dan harus diketahui juga Dewan Profesor tidak ada satupun yang masuk anggota MWA," ungkapmya.

"Di sana (anggota MWA) ada wakil alumni, ada wakil mahasiswa, ada wakil akademik," imbuhnya.

3. Gelar pemilihan rektor.

Sempat Kisruh, UNS Kembali Gelar Pemilihan RektorJajaran petinggi UNS. (IDN Times/Larasati Rey)

Suranto mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan membentuk tim khusus untuk ikut membantu melakukan review Peraturan Perundang-undangan Nomor 56 tahun 2000 yang menjadi undang-undang dasar di Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH).

Pihaknya juga akan kembali mengelar pemilihan rektor yang berlangsung pada November-Desember 2023.

"Selankutnya penyiapan peraturan mwa yaitu tata cara penyusunan peraturan internal dan juga peraturan Pemilihan Rektor dan lain-lain, ini diharapkan berlangsung di November-Desember 2023. Dan setelah itu Pemilihan Rektor diharapkan berlangsung sekitar Desember sampai dengan Februari 2024," pungkasnya.

Baca Juga: UNS Solo Kembangkan Kurikulum Hijau Bareng BIRU 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya