Comscore Tracker

Sukses Pameran di Paris, Gibran Target Bawa UMKM Solo ke Negara Lain 

UMKM Solo laris manis di Paris.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mulai bekerja kembali setelah melakukan kunjungan kerja di Paris, Prancis untuk mengelar pameran Java in Paris selama seminggu lalu.

Senin (13/6/2022) Gibran sudah mulai bekerja dan memimpin apel bersama dalam rangka peminaan Linmas dan unsur terkait di Kecamatan Jebres, Solo.

Baca Juga: Produk Lokal Solo Dipamerkan di Prancis, Gibran: Saatnya UMKM Bangkit

1. UMKM Solo laris manis di Paris

Sukses Pameran di Paris, Gibran Target Bawa UMKM Solo ke Negara Lain Puluhan UMKM asal Solo akan melantai di Le BHV Marais selama satu bulan lebih dalam ajang Java in Paris. (dok. Pribadi/Gibran Rakabuming)

Ditanya soal gelaran pameran Java in Paris yang dibukanya pada tanggal 8 Juni 2022 lalu, Gibran mengaku jika pameran tersebut mendapat respon positif dari warga Paris.

"Bagus-bagus, aku kan neng kono terus. Neng mall e terus, bagus respone bagus," ujarnyas saat ditemui Senin (13/06/2022).

Giban juga mengatakan jiak pameran tersbeut ramai dikunjungi. Tak hanya memajang produk UMKM, ternyata Gibran juga menggelar workshop membatik dan hiburan keroncong dalam pameran tersebut.

"Kemarin kan pas tak tinggal ada workshop membatik lalu ada keroncongan juga, tambah ramai kemarin pas tak tinggal. Penuh ramai terus jadi gak cuma dipembukaan tok," imbuhnya.

Ditanya soal produk yang paling diminati dalam pameran tersebut, Gibran mengatakan jika produk batik dan handycraft paling diburu oleh konsumen Paris.

2. Bertemu dengan petinggi brand fashion terkenal

Sukses Pameran di Paris, Gibran Target Bawa UMKM Solo ke Negara Lain Gibran Rakabuming bertemu Sekjen LVMH Mach Antoine Jamet di Paris. (Instagram/@gibranrakabuming)

Dalam lawatan ke Paris tersebut, Gibran juga bertemu dengan Secretary General LVMH, atau Sekjen perusahaan multinasional yang berfokus pada barang mewah ( Luis Vuitton, Dior, Fendi, Bulgari), Marc Antoine Jamet.

Dalam pertemuan tersebut, Gibran menginginkan batik buatan Kota Solo yang berkualitas bisa memiliki nilai jual setara dengan brand-brand terkenal tersebut.

Ditanya soal isi pertermuan tersebut, Gibran memgatakan tidak menutup kemungkinan akan menjalin kerjasama dengan LVMH. Namun ia tak merinci kerjasama apa yang akan dilakukan nantinya.

"Ya nanti sambil jalan, yang penting wes ketemu," kata Gibran.

3. Akan kembali lakukan pameran di negara lain.

Sukses Pameran di Paris, Gibran Target Bawa UMKM Solo ke Negara Lain Pameran Java in Paris di Le BHV Marais. (Dok/PT Shopee Indonesia)

Sukses mengelar pameran Java in Paris di Le BHV Marais, Gibran mengatakan akan melakukan pameran kembali ke luar negeri. Ia bahkan memiliki targer pameran UMKM Kota Solo setiap tahunnya.

"Tahun depan ada terus, ada yang menyiapin beberapa negara, tenang wae tak cepake (tak siapkan) terus tahun depan," pungkasnya.

Pameran Java in Paris di Le BHV Marais sendiri digelar selama satu bulan, mulai tanggal 8 - 17 Juni 2022. Pameran tersebut sebagai salah satu upaya Pemkot Solo untuk mempromosikan UMKM Kota Solo untuk go internasional.

Baca Juga: Melihat Produk UMKM Yang Dipamerkan di Java In Paris

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya