Taman Jurug Dirombak Total, ini Lho Bocoran Desain Baru TSTJ

Ada panggung edukasi satwa.

Surakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Solo, Jawa Tengah, berencana melakukan penataan Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) secara masif. Revitalisasi tersebut untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung.

Baca Juga: TSTJ Solo Buka, Pengunjung Kebun Binatang Jurug Dibatasi 1000 Orang

1. Bocorkan desain revitalisasi

Taman Jurug Dirombak Total, ini Lho Bocoran Desain Baru TSTJKebun Binatang Taru Jurug (Instagram.com/awrlind)

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah memiliki gambaran revitalisasi TSTJ Jurug dan investor yang nantinya akan merombak total obyek wisata yang terletak di tepian sungai Bengawan Solo dengan luas lahan 13.9 Ha tersebut.

Gibran bahkan akan membawa tim untuk melakukan pengecekan di TSTJ. "Rencana minggu depan tim akan melakukan on site review dan design exercise," ujarnya dalam what'up grub, Sabtu (19/2/22).

2. Dilengkapi panggung edukasi satwa

Taman Jurug Dirombak Total, ini Lho Bocoran Desain Baru TSTJDesain TSTJ Jurug. Dok/Gibran Rakabuming

Meski belum secara gamblang mengeluarkan desain baru TSTJ Jurag, namun Gibran telah membocorkan desain baru TSTJ, dimana nantinya TSTJ akan dilengkapi dengan pangging edukasi satwa di dalamnya.

Panggung tersebut akan dibangun secara terbuka berbentuk setengah lingkaran. Selain itu, kursi penonton juga dibuat secara berundak layaknya theater terbuka dengan panggung di kelilingi oleh kolam.

3. Merupakan cagar budaya

Taman Jurug Dirombak Total, ini Lho Bocoran Desain Baru TSTJTaman Satwa Taru (TSTJ) Jurug. IDNTimes/Larasati Rey

TSTJ Jurug sendiri merupakan salah satu objek wisata di Kota Surakarta, Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 1878. Taman Jurug menawarkan lokasi yang indah untuk beristirahat. Di dalamnya, terdapat berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Dengan konsep wisata alam, jalan-jalan yang ada di dalam taman dikelilingi pohon-pohon besar dan rindang. Di dalam lokasi taman, kita akan sering menjumpai kawanan monyet dan berbagai jenis spesies burung.

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) berlokasi di bagian timur kota Solo, di dekat perbatasan dengan Karanganyar. Taman wisata ini, yang dahulu sempat menjadi primadona pariwisata di kota Solo, seakan kehilangan pamornya karena kurangnya pengelolaan selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Buka! Ini Syarat Masuk Wisata Solo Bunbin Taman Jurug dan Balekambang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya