Usai Ketemu Prabowo, Gibran Langsung Dipanggil ke DPP PDIP

Mengaku hanya mendampingi Menteri Pertahanan.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku dipanggil Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan di Jakarta.

Pemanggilan tersebut sebagai buntut dari kehadirannya yang mendampingi Prabowo Subianto bertemu Relawan Jokowi-Gibran, kader PDI-P pada Jumat (20/5/2023).

Baca Juga: Prabowo Ngaku Kaget Tiba-tiba Dapat Dukungan Relawan Gibran dan Jokowi

1. Mengaku langsung dapat penggilan dari Sekjen PDIP.

Usai Ketemu Prabowo, Gibran Langsung Dipanggil ke DPP PDIPWalikota Solo, Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai pertemuannya dengan Prabowo tersebut, Gibran mengaku mendapat telepon secara langsung dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI-P Hasto Kristiyanto, pada Sabtu (20/5/2023) pagi.

Secara langsung, Hasto meminta Gibran untuk datang ke Kantor DPP, Menteng, DKI Jakarta, pada Senin (22/5/2023).

Kendati demikian Gibran mengatakan jika pemanggilannya tersebut bukan merupakan sebuah teguran.

"Bukan teguran, tapi saya hari Senin pagi menghadap ke DPP, dipanggil. (Pertemuan dengan Prabowo) mungkin karena itu," katanya Sabtu (20/5/2023).

2. Gibran mengaku hanya menjamu dan mendampingi sebagai Menteri Pertahanan.

Usai Ketemu Prabowo, Gibran Langsung Dipanggil ke DPP PDIPSebanyak 15 kelompok relawan pendukung Joko "Jokowi" Widodo dan Gibran Rakabuming hadir mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra dan bakal calon presiden Prabowo Subianto sebagai presiden (dok Humas Prabowo)

Disinggung soal kehadirannya dalam acara tersebut, Gibran mengaku jika tugasnya hanya menjemput dan menjamu Menteri Pertahanan (Menhan) RI tersebut saat berkunjung ke Solo. Sehingga keberadaannya di sana tidak ada kaitannya dengan mendukung bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto.

"Fungsi saya di situ, menjemput beliau sebagai Menteri ya. Tidak ikut-ikut (mendukung capres) kemarin," ungkapnya.

Diketahui pertemuan antara Gibran, Prabowo dan relawan Jokowi-Gibran terjadi di Angkringan Omah Semar, Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), pada Jumat (19/5/2023).

3. Dukungan murni berasal dari relawan.

Usai Ketemu Prabowo, Gibran Langsung Dipanggil ke DPP PDIPPrabowo mendapat dukungan relawan Jokowi dan Gibran. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Koordinator Relawan Gibran, Kuat Hendrawan mengatakan jika dukungan relawan Gibran dan relawan Jokowi wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur tersebut murni berasal dari kehendak rakyat.

Ia mengatakan jika sebelumnya para relawan tersebut dikumpulkan dan telah mendapat instruksi untuk mengerucut kepada dua nama yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

"Perimbangan karena komitmen Prabowo kepada RI sangat luar biasa dan memutuskan gagasan-gagasan Pak Jokowi ke depan meneruskan program-programnya yang sudah dirintis," imbuh Kuat," ungkapnya.

Sementara itu, ditanya soal dukungannya yang bertolak belakang dengan partai yang menaungi Gibran, yakni PDI Perjuangan, Kuat menegaskan relawan tidak berafiliasi dengan parpol.

"Kami dari relawan, kami tidak berpartai ini soal sikap bahwa kami hari ini tunduk dan patuh kepada Pak Jokowi. Nah tetapi arus bahwa hari ini, konsolidasi pasca pertemuan kemarin 90 persen itu adalah arus dukungan Pak Prabowo. Ini sudah sikap resmi dari kawan-kawan," pungkasnya.

Baca Juga: Ketemu Gibran dan Relawan Jokowi di Solo, Prabowo: Ini Permintaan Saya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya