Viral Warung Tengkleng di Solo Baru, Bu Harsi Berurai Air Mata

Penjual mengaku sesuai permintaan pembeli

Sukoharjo, IDN Times - Warung Tengkleng Bu Harsi di Jalan Kunir V Solo Baru, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo viral di media sosial. Viralnya warung tersebut membuat pemilik warung tengkleng Harsi (60) terkejut. 

Baca Juga: Viral ! Warung Tengkleng Mahal dan Dapat Bintang 1 di Google Review

1. Menjual sesuai permintaan pembeli

Viral Warung Tengkleng di Solo Baru, Bu Harsi Berurai Air MataWarung tengkleng viral di Solo Baru. IDNTimes/Larasati Rey

Pemilik warung Harsi (60) mengaku terkejut saat warung miliknya mendadak viral dan dihujat oleh netizen. Ia mengaku terkejut mendengar jika warungnya dikatakan mahal. Ia bahkan tak dapat menahan air matanya, karena warungnya dibully oleh warganet.  

"Ya ndak tahu kok bisa seperti itu, saya menjual tengkleng juga sesuai dengan permintaan pembeli," jelasnya saat ditemui Senin (6/12/2021).

Harsi mengatakan, jika pembeli yang membayar mahal itu karena mereka meminta tambahan daging lainnya. Namun jika pembeli meminta sesuai porsi, maka ia akan memberikannya sesuai dengan porsinya baik itu besar maupun porsi kecil.

"Kalau pengunjung mintanya kepala komplit, ya harga Rp150 ribu," ungkapnya.

"Kalau minta porsinya kecil, ya Rp15 ribu sampai Rp30 ribu. Ya tergantung mintanya isi apa," imbuhnya.

Meski begitu Harsi tidak memberitahu satu lagi harga porsi hidangan tengkleng di warungnya. Yakni harga porsi jumbo kepada pengunjungnya yang baru datang ke warungnya.

"Saya gak pernah sekolah. Saya tidak bisa baca tulis, sehingga saya tidak bisa membuat daftar menu," ujarnya.

2. Harga tiap potong tengkleng berbeda

Viral Warung Tengkleng di Solo Baru, Bu Harsi Berurai Air MataWarung tengkleng viral di Solo Baru. IDNTimes/Larasati Rey

Warung Bu Harsi yang terletak di Solo Baru ini menjadi viral beberapa waktu terakhir karena harganya dinilai terlalu mahal dan tak sesuai dengan tulisan di spanduk. 

Permasalah yang dialami oleh pembeli yakni adanya perbedaan harga di spanduk dengan harga yang harus dibayar usai membayar makanan. Harsi mengaku jika harga tersebut sesuai dengan pemintaan daging tengkleng yang diminta oleh pembeli.

Kendati banyak dipermasalahkan, Harsi mengaku tidak membuat buku menu lantaran tidak bisa membaca dan menulis. "Saya gak pernah sekolah. Saya tidak bisa baca tulis, sehingga saya tidak bisa membuat daftar menu,"ungkapnya.

Berikut daftar harga menunya:

- Tengkleng Kambing Komplit yakni : Pipi 2, Telinga 2, Lidah, Otak seharga Rp150 ribu.

- Paket kecil: Telinga dan tambahan daging, Rp 15 ribu

- Paket Sedang: Pipi atau telinga, dan tambahan daging Rp 30 ribu.

- Paket besar: Pipi, Lidah, Iga Rp 50 ribu.

- Tengkleng sapi porsi normal Rp 50 ribu.

- Nasi: Rp 5 ribu.

- Es Teh: Rp 2 ribu.

3. Membuat penasaran warga

Viral Warung Tengkleng di Solo Baru, Bu Harsi Berurai Air MataWarung tengkleng viral di Solo Baru. IDNTimes/Larasati Rey

Warung makan tengkleng Bu Harsi sudah buka sejak tahun 1990-an. Dulunya, Harsi buka bersama suaminya, namun saat ini dia hanya buka sendiri karena suaminya sudah meninggal dunia.

Setiap hari, Harsi dibantu seorang tukang becak langganannya untuk membuka dan menutup lapaknya. Warung saya buka setiap hari, dari jam 07.00 WIB - 15.00 WIB.

Viralnya warung tengkleng tersebut membuat masyarakat penasaran, dan mencoba membuktikan sendiri. Salah satunya Ari (46), warga Sukoharjo yang mengaku penasaran dan mencoba rasa tengkleng tersebut.

"Saya penasaran dan ingin mencoba paket yang kecil. Rasanya lumayan," ujarnya.

Untuk mengantisipasi adanya pembeli yang protes Ari menyarankan agar pembeli menanyakan terlebih dahulu harga dari makanan yang dipesan.

Baca Juga: Resep dan Cara Bikin Bumbu Tengkleng Kambing Favorit ala Iriana Jokowi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya