Zulhas Sempat Ketemu Gibran Sebelum Dilantik Jokowi Jadi Menteri

Gibran gak mau komentar terkait pelantikan Zulkifli Hasan

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi telah melakukan perombakan (reshuffle) kabinet di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Ada dua orang menteri dan tiga orang wakil menteri yang dilantik. Salah satunya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang dilantik mengantikan M Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

Baca Juga: Kesang Siap Jadi Ketua PSSI, Tanggapan Gibran, 'Gak Ada Pesan'

1. Gibran enggan mengomentari

Zulhas Sempat Ketemu Gibran Sebelum Dilantik Jokowi Jadi MenteriGibran Rakabuming bertemu dengan Zulkifli Hasan di loji Gandrung, Senin (28/03/2022). (IDN Times/Larasati Rey)

Adanya reshuffle kabinet tersebut Wali Kota Solo yang juga putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka enggan mengomentari. Ia mengatakan jika keputusan terkait reshuffle kabinet bukan wewenangnya.

"Saya enggak perlu menanggapi, bukan wewenang saya. Saya juga gak punya kapasitas untuk memberikan komen seperti itu," ujarnya saat ditemui usai upacara peringatan HUT ke 76 Pemkot Solo, di Balaikota Solo, Kamis (16/6/2022).

2. Pertemuan dengan Zulhas tak ada bahasan soal kursi menteri.

Zulhas Sempat Ketemu Gibran Sebelum Dilantik Jokowi Jadi MenteriGibran Rakabuming bertemu dengan Zulkifli Hasan di loji Gandrung, Senin (28/03/2022). (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya, Gibran sendiri pernah dikunjungi oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan sekitar bulan Maret 2022 lalu. Dalam kunjungan tersebut Zulkifli datang langsung ke rumah dinas Wali Kota Loji Gandrung.

Ditanya soal maksud kunjungan Zulkifli pada waktu itu, Gibran dengan tegas mengatakan jika kunjungan tersebut bukan untuk membahas mengenai masalah kursi menteri.

"Saya kemarin ketemu pak Zulkifli kemarin bahas ini, pindah Dapil beliau gak ada bahas yang itu," tegasnya. "Saya nggak punya wewenang untuk itu juga," imbuh Gibran.

3. Jokowi lantik 2 menteri dan 3 wamen.

Zulhas Sempat Ketemu Gibran Sebelum Dilantik Jokowi Jadi MenteriKetua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) dan mantan Panglima TNI Marsekal Purn Hadi Tjahjanto (kanan) disumpah saat upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Berikut nama-nama menteri dan wakil menteri kabinet Indonesia Maju yang dilantik oleh Presiden Jokowi, pda Rabu (15/06/2022)

Menteri Perdagangan: Zulkifli Hasan
Menteri ATR/BPN: Hadi Tjahjanto
Wamen ATR/BPN: Raja Juli Antoni
Wamendagri: John Wempi Watipo
Wamenaker: Afriansyah Noor

Sedangkan untuk nama menteri yang dicopot oleh Presiden Jokowi, yakni Menteri Perdagangan: Muhammad Luthfi, Menteri ATR/BPN: Sofyan Djalil, Wakil Menteri ATR/BPN: Surya Tjandra

Baca Juga: Sukses Pameran di Paris, Gibran Target Bawa UMKM Solo ke Negara Lain 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya