Tegal Dikepung Banjir, Diguyur Hujan Setengah Jam Air Meluap Selutut

Akibat buruknya sistem drainase

Tegal, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang selama hampir 30 menit menyebabkan sebagian besar wilayah Kota Tegal dikepung banjir, Selasa (31/12) petang.

Baca Juga: Buser Polres Tegal Tangkap Sindikat Pembobol Dua Brankas Koperasi

1. Ketinggian air bervariasi

Tegal Dikepung Banjir, Diguyur Hujan Setengah Jam Air Meluap SelututHujan deras disertai angin kencang selama hampir 30 menit menyebabkan sebagian besar wilayah Kota Tegal dikepung banjir, Selasa (31/12) petang. IDN Times/ Muchammad Haikal

Dari pantauan IDN Times, ketinggian banjir yang terjadi hampir merata di Kota Bahari ini cukup bervariasi, mulai dari 20 centimeter hingga 50 centimeter atau selutut orang dewasa.

Bahkan, tidak sedikit jalan protokol dan permukiman warga yang terendam, sehingga menghambat aktivitas warga. Beberapa rumah warga terpantau dipasangi tanggul yang terbuat dari kayu, agar air tidak masuk ke dalam rumah.

2. Sungai-sungai meluap

Tegal Dikepung Banjir, Diguyur Hujan Setengah Jam Air Meluap SelututIDN Times/ Muchammad Haikal

Banjir yang melanda hampir di empat kecamatan ini terjadi, akibat meluapnya beberapa sungai besar serta buruknya drainase. Beberapa aliran sungai yang meluap yakni, Sungai Kaligung, Sungai Kemiri, dan Kalimati.

Selain itu, banjir juga diperparah dengan buruknya sistem drainase. Tidak sedikit warga yang mengeluhkan drainase kecil dan minimnya daerah resapan.

"Sudah terbiasa seperti ini, hanya bisa sabar saja. Siap-siap ember dan teman-temannya," keluh Maryuli warga Kelurahan Randugunting.

3. Angin kencang menumbangkan pohon

Tegal Dikepung Banjir, Diguyur Hujan Setengah Jam Air Meluap SelututPetugas tengah membersihkan pohon-pohon yang tumbang di Kota Tegal akibat hujan deras dan angin kencang, Minggu (22/12). IDN Times/Haikal Adithya

Sementara itu, dari laporan Tim Reaksi Cepat, hujan disertai angin kencang yang melanda Pantura Barat juga menyebabkan beberapa pohon tumbang di sejumlah lokasi.

Hingga berita ini diturunkan, hujan masih terjadi dengan intensitas sedang di Kota Tegal dan intensitas tinggi di bagian Selatan Kabupaten Tegal.

Baca Juga: Lalu Lintas Jalur Pantura Kudus-Pati Tersendat Luapan Banjir Bandang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya