Bayi yang Baru Dilahirkan Oleh PDP COVID-19 Asal Jepara Meninggal

Bayi dimakamkan sesuai protokol COVID-19

Jepara, IDN Times – Bayi yang baru dilahirkan dari seorang pasien dalam pengawasan virus corona atau COVID-19 asal Kabupaten Jepara Jawa Tengah meninggal dunia. Kini ibu yang baru melahirkan masih dirawat di ruang isolasi RSUD Kartini Jepara.

Baca Juga: Ibu Baru Melahirkan di Jepara Dinyatakan Positif Virus Corona

1. Seorang ibu yang baru melahirkan di Jepara masuk PDP COVID-19

Bayi yang Baru Dilahirkan Oleh PDP COVID-19 Asal Jepara MeninggalIDN Times/M Faiz Syafar

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Jepara, Fakhrudin mengatakan, ada seorang ibu yang baru melahirkan dan bayinya meninggal dunia. Ibu ini masuk dalam kategori PDP COVID-19. Sedangkan bayi yang baru dilahirkan meninggal dunia.

“Saat ini ibu ini kondisinya stabil. Sedangkan dirawat di ruang isolasi RSUD Jepara. Sudah diambil swabnya. Tinggal menunggu hasilnya,” kata dia saat dikonfirmasi IDN Times pada Jumat (17/4).

2. Swab dari ibu ini belum keluar hasilnya

Bayi yang Baru Dilahirkan Oleh PDP COVID-19 Asal Jepara Meninggaltexastribune.org

Dia mengatakan, PDP ibu yang baru melahirkan ini sudah diambil swabnya. Diperkirakan tiga sampai hari ke depan baru diketahui hasilnya. Sedangkan untuk bayi yang meninggal dunia sudah dimakamkan di daerah asalnya di Kecamatan Kalinyamatan.

“Untuk bayi yang meninggal sudah dimakamkan dengan prosedur COVID-19,” jelasnya.

3. Miliki riwayat kontak dengan suaminya dari Tangerang

Bayi yang Baru Dilahirkan Oleh PDP COVID-19 Asal Jepara MeninggalSuasana lokasi karantina pemudik di Gedung Graha Wisata Niaga, Solo. Dok.Humas Pemkot Solo

Sebelumnya, kata dia PDP ini memeriksakan kehamilan di puskesmas setempat pada 13 April 2020 lalu. Pada tanggal 15 April 2020, pasien ini menunjukan gejala yang mirip dengan COVID-19.

Setelah dilakukan pendalaman informasi, dari riwayat suami pasien ini bekerja di Tangerang. Sehingga akhirnya pasien ini dirujuk di RSUD Jepara sebagai pasien dalam pengawasan COVID-19.

Kemudian pada Kamis (16/4) kemarin bayi yang baru dilahirkan tidak terselamatkan. Bayi tersebut kemudian dimakamkan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

4. Di Jepara ada tiga orang dinyatakan positif corona

Bayi yang Baru Dilahirkan Oleh PDP COVID-19 Asal Jepara MeninggalInstagram/rizkats._

Ditambahkan dia, untuk saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara pun langsung melakukan pelacakan kepada orang yang kontak dengan PDP ini. Meskipun belum dinyatakan positif corona, akan tetapi langkah ini sebagai kewaspadaan.

Sementara itu, data monitoring penanganan COVID-19 di Kabupaten Jepara per Jumat (17/4) pukul 06.00 WIB, jumlah PDP yang positif totalnya ada tiga orang. Dengan rincian dua pasien masih dirawat dan satu PDP positif corona meninggal dunia.

Jumlah PDP saat ini sebanyak 21 pasien dan jumlah ODP saat ini di Jepara ada sebanyak 229 orang.

Baca Juga: Waspada! Ini Sebaran Corona di 5 Kabupaten Pantura Timur

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya