Comscore Tracker

Bupati Cilacap Positif COVID-19 Usai Bertemu Ketua BNPB, Doni Monardo

Siapa saja yang kontak erat dengan Tatto diminta melapor

CIlacap, IDN Times - Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mengumumkan dirinya terpapar COVID-19. Melalui video berdurasi 2 menit 40 detik yang diunggah melalui akun Instagram resmi milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, Tatto mengatakan telah menerima hasil tes usap pada Sabtu (5/12/2020) pukul 16.00 WIB dimana hasilnya dirinya dinyatakan positif virus corona.

1. Siapa saja yang mempunyai kontak erat dengan Bupati Cilacap diminta untuk melapor

Bupati Cilacap Positif COVID-19 Usai Bertemu Ketua BNPB, Doni MonardoBupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyambut kedatangan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Jumat (4/12/2020). Dok. BPBD Cilacap

Tatto mengingatkan, siapa saja yang merasa telah menjalin kontak dengan dirinya sejak tanggal 2 Desember 2020 diminta melapor ke Dinas Kesehatan Cilacap. Dinas Kesehatan juga menyediakan nomor telepon petugas kesehatan untuk melayani laporan warga. Nomor telepon tersebut antara lain atas nama Kuswantoro (085870291887) dan Tin Muyasaroh (081392156590).

“Saya mendapat informasi bahwa hasil pemeriksaan laborartorium PCR atas nama saya H Tatto Suwarto Pamuji Bupati Cilacap dinyatakan positif,” ujar Tatto dalam video tersebut, Minggu (6/12/2020).

Sejauh ini, Tatto masih menjalankan tugas sebagai bupati. Meski demikian, ia tidak diperkenankan keluar dari tempat isolasi di rumah dinas bupati Cilacap.

Baca Juga: Kasus Naik, Gedung Korpri Purbalingga Dipakai Ruang Isolasi COVID-19

2. Tatto mengalami gejala ringan

Bupati Cilacap Positif COVID-19 Usai Bertemu Ketua BNPB, Doni MonardoKepala BNPB Letjen Doni Monardo menyampaikan arahan di hadapan personel BPBD Cilacap pada kunjungan kerja, Jumat (4/12/2020). Dok. BPBD Cilacap

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, Pramesti Griana Dewi, ketika dikonfirmasi IDN Times menyatakan bahwa Bupati Tatto mengalami gejala ringan yang menyertai COVID-19. Walaupun demikian, Tatto tidak sampai menjalani perawatan di rumah sakit.

“Kondisi relatif baik. Sementara di rumah dinas dulu,” kata dia melalui aplikasi perpesanan, Minggu (6/12/2020).

Pramesti menyatakan, tim medis masih menelusuri riwayat kontak erat Tatto untuk mengetahui dari siapa ia terpapar.

3. Keluarga, ajudan, dan komunitas jalan pagi dites swab

Bupati Cilacap Positif COVID-19 Usai Bertemu Ketua BNPB, Doni MonardoIlustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Kepala Dinas Kominfo Cilacap, Wijaya, mengatakan, bahwa pada Minggu (6/12/2020) petugas kesehatan telah mengambil sampel swab keluarga Tatto, ajudan bupati, dan komunitas jalan pagi. Mereka merupakan kontak erat bupati dalam hari terakhir.

“Ada sekitar 10 sampai 15 orang dites swab hari ini,” tuturnya.

Selanjutnya, tes swab juga akan menyasar internal pejabat dan pegawai Sekretariat Daerah Cilacap. Ia juga tak bisa memastikan asal muasal transmisi yang menginfeksi BupatiTatto. Sebab, menurut Wijaya banyak tamu yang menemui Tatto sebelum terkonfirmasi positif COVID-19. Satu diantaranya adalah Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI, Doni Monardo.

Doni berkunjung ke Cilacap pada Jumat (4/12/2020). Kedatangan Doni untuk menghadiri rapat koordinasi penanggulangan bencana.

“Mungkin Dinas Kesehatan yang berkomunikasi (dengan Doni Monardo),” ucapnya.

Sementara itu,  berdasarkan data Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cilacap per tanggal 6 Desember 2020 pukul 10.00 WIB terdapat 661 pasien terkonfirmasi COVID-19. Jumlah pasien tersebut tersebar di 20 kecamatan di Cilacap.

Baca Juga: Cerita 497 Santri Ponpes El Bayan Cilacap Berjuang Melawan COVID-19

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya