Kebakaran Hanguskan Rumah di Purbalingga, Kerugian Capai Rp70 Juta

Diduga karena arus pendek

Purbalingga, IDN Times – Kebakaran meluluhlantakan rumah warga di Desa Munjul, Kecamatan Kutasari, Purbalingga, Jumat (10/1) pukul 08.30 WIB. Kebakaran yang menimpa rumah Edi Kuswantoro (38) diduga disebabkan hubungan arus pendek.

Baca Juga: Dipindahkan ke Malioboronya Purbalingga, PKL Malah Mengeluh

1. Api diduga berasal dari dapur

Kebakaran Hanguskan Rumah di Purbalingga, Kerugian Capai Rp70 JutaPetugas pemadam kebakaran berjibaku memadakan api yang meluluhlantakan rumah warga Desa Munjul, Kecamatan Kutasari, Purbalingga, Jumat (10/1). Humas BPBD Purbalingga

Kebakaran pertama kali diketahui Tumilah, tetangga Edi Kuswantoro. Tumilah menyaksikan api sudah berkobar di dapur rumah Edi ketika keluar rumah.

Ia kemudian berteriak minta pertolongan warga. Warga yang mendengar terikan minta tolong datang dan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Sebagian yang lain menghubungi pemadam kebakaran.

2. Dua unit mobil damkar dan satu mobil tanki diterjunkan

Kebakaran Hanguskan Rumah di Purbalingga, Kerugian Capai Rp70 JutaPerwakilan BPBD Purbalingga menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Desa Munjul, Kecamatan Kutasari, Purbalingga, Jumat (10/1). Humas Pemkab Purbalingga

Dua mobil pemadam kebakaran dan sebuah mobil tangki dikirim untuk memadamkan api. Sementara total tujuh personel BPBD diterjunkan untuk memadamkan api.  Api berhasil dipadamkan pada pukul 10.30 WIB.

“Diduga dari peralatan listrik yang masih menyala ketika ditinggal kerja,” kata Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga, Umar Fauzi.

3. Kerugian ditaksir mencapai Rp70 juta

Kebakaran Hanguskan Rumah di Purbalingga, Kerugian Capai Rp70 JutaKebakaran menghanguskan 14 rumah warga di Kota Padangsidimpuan, Kamis (9/1) (istimewa)

Tidak ada korban jiwa pada kebakaran ini. Rumah dalam keadaan kosong ditinggal bekerja ketika kebakaran terjadi.

“Rumah mengalami rusak berat. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 70 juta,” kata Umar.

Siang hari BPBD Purbalingga menyerahkan bantuan untuk keluarga Edi Kuswantoro. Bantuan berupa logistik diserahkan dengan didampingi perangkat Desa Munjul.

“Kami mengimbau agar warga waspada ketika meninggalkan rumah, pastikan peralatan listrik yang rentan memicu korsleting dimatikan,” ujar Umar.

Baca Juga: Longsor Purbalingga, Jalan Terputus 187 Warga Terisolasi

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya