Semua Pasien COVID-19 Sembuh, Kebumen Segera Deklarasi New Normal

Kebumen nol kasus COVID-19

Kebumen, IDN Times - Seorang pasien terkonfirmasi positif COVID-19 terakhir di Kabupaten Kebumen sembuh. Dengan demikian, Kebumen kini zero kasus positif COVID-19.

Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz, mengumumkan kabar baik ini usai menghadiri sosialisasi virtual dan penyerahan bantuan fasilitas pengolahan sampah dan limbah bahan beracun di Ruang Arungbinang Komplek Pendapa Rumah Dinas Bupati, Selasa (9/6).

Baca Juga: Dua Warga Kebumen Tewas Tersambar Petir, Masih Hidup Saat Dibawa ke RS

1. Pasien COVID-19 terakhir sembuh

Semua Pasien COVID-19 Sembuh, Kebumen Segera Deklarasi New NormalIstimewa

Pasien terakhir yang sembuh bernama TRI. Laki-laki 38 tahun ini semua dirawat di RSUD Soedirman Kebumen.

"Alhamdulillah, semua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kebumen dinyatakan sembuh," kata Yazid yang didampingi Koordinator Humas Penanganan COVID-19 Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto. 

Yazid mengatakan, jumlah pasien positif COVID-19 pada tiga bula terakhir tersisa 34 orang. Dari jumlah itu 32 orang di antaranya sembuh dan dua orang meninggal dunia.

"Terima kasih kepada Tim Gugus Tugas, para petugas kesehatan dan relawan yang telah bekerja keras menangani COVID-19 di Kabupaten Kebumen," ujarnya. 

Meskipun semua pasien COVID-19 dinyatakan sembuh, namun Yazid  menegaskan virus corona belum hilang dari Kabupaten Kebumen. Masyarakat tetap diminta waspada dan mematuhi protokol kesehatan. 

"Kita harus tetap memakai masker, cuci tangan dengan sabun di alir mengalir dan selalu menjaga jarak," kata dia.

2. Kebumen segera deklarasi new normal

Semua Pasien COVID-19 Sembuh, Kebumen Segera Deklarasi New NormalIstimewa

Kemajuan yang dicapai membuat Kebumen semakin dekat dengan realisasi kenormalan baru atau new normal. Rencananya, Kebumen akan menerapkan kenormalan baru setelah Rapid Diagnose Test (RDT) massal di fasilitas publik selesai dilakukan.

RDT terakhir digelar di tiga pasar tradisional, Minggu (7/6). Tiga pasar ini antara lain Pasar Mergosono Kecamatan Buayan, Pasar Kuwarasan, dan Pasar Demangsari Kecamatan Ayah.

"Setelah ini akan kami evaluasi untuk mengambil kebijakan ke depannya," kata Yazid. 

Meskipun hasil RDT massal ada yang menunjukkan reaktif, ia berharap hasil uji swab menunjukkan negatif. 

Sejauh ini ada 62 orang peserta RDT massal yang telah menjalani uji swab dan hasilnya negatif. Sisanya sebanyak 34 orang masih menunggu antrean. 

"Kalau negatif, dan zero, setelah itu kita deklarasi new normal," ujar dia.

3. Jumlah PDP menyisakan 18 orang

Semua Pasien COVID-19 Sembuh, Kebumen Segera Deklarasi New NormalIstimewa

Hingga Selasa (9/6) pukul 11.12 WIB, Pasien Dengan Pengawasan (PDP) tercatat masih ada 227 orang. Dsri jumlah itu, 19 di antaranya meninggal dunia tanpa hasil lab, 18 orang dalam pengawasan, dan 44 orang selesai pengawasan. Sedangkan PDP dengan hasil uji swab negatif sebanyak 146 orang.

Orang Dengan Pemantauan (ODP) tercatat 3.066 orang. Sebanyak 2.884 orang di antaranya selesai pemantauan. Sedangkan 182 orang masih dalam pemantauan.

Baca Juga: Pedagang Positif Corona, 1.300 Pengunjung Pasar Pagi Kebumen Tes Cepat

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya