Jateng Raih 8 Medali Emas di Kejurnas Karate ASKI 2024

Tim Jateng bercokol di posisi kelima

Banyumas, IDN Times - Kontingen Karate ASKI Jateng masuk peringkat 5 besar dalam kejuaraan karate tingkat nasional Akademi seni-beladiri karatedo Indonesia yang digelar di GOR Jakarta Timur pada 3 - 5 Mei 2024 lalu.

Berdasarkan data perolehan akhir medali dari PP ASKI yang diterima IDN Times, Senin (6/5/2024) dari 19 provinsi yang ikut berlaga, Jawa Tengah memperoleh 8 Medali Emas, 10 perak, dan 17 perunggu.

Sementara untuk juara umum diraih Tim DKI Jakarta dengan 20 emas, 21 perak, dan 38 perunggu.

Ketua Umum ASKI Provinsi Jawa Tengah Bambang Arisena melalui ketua kontingen, Agil Lastono mengatakan hasil tersebut merupakan kerja keras tim yang sudah maksimal. "Alhamdulillah tim Jateng ada diposii kelima dari 19 Provinsi, dan ini sudah maksimal dalam partisipasinya di kejurnas aski 2024,"katanya

Baca Juga: Raih 20 Emas, Forki Grobogan Juara Umum Kejurprov Piala Bambang Raya

1. Karateka Cilacap sumbang 2 emas

Jateng Raih 8 Medali Emas di Kejurnas Karate ASKI 2024Karateka asal Cilacap yang berhasil menyumbangkan pundi pundi emas untuk kontingen Jawa Tengah.(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Sementara dua karateka asal Cilacap berhasil menyumbangkan emas untuk kontingen Jawa Tengah , mereka adalah Niwanputra Bonis Pamungkas Kelas cadet kumite -52Kg kumite putra dan Dahayau Hiraswetta Gahyak Kelas cadet kumite -54Kg kumite Putri.

"Kedua karateka tersebut sebenarnya berpeluang besar menambah medali emas, namun sayang dalam semifinal best of the best dihentikan karateka asal DKI Jakarta yang akhirnya meraih emas, dan harus puas dengan perunggu,"kata ketua kontingen Agil Lastono kepada IDN Times, Senin (6/5/2024).

Agil menjelaskan kelas best of the best merupakan grand final para karateka yang meraih emas dikelasnya masing masing. Kategori ini dianggap paling bergengsi karena mempertemukan para karateka terbaik dalam satu even.

2. Kekuatan karateka mulai merata

Jateng Raih 8 Medali Emas di Kejurnas Karate ASKI 2024Ketua Umum PP ASKI, Saifullah Nasution (tengah) saat ikut menghadiri seminar karate ASKI 2024.(IDN Times/Tangkapan layar)

Ketua Umum PP ASKI, Saifullah Nasution sebelumnya mengatakan, saat ini peta kekuatan karateka ASKI di wilayah pusat maupun daerah kian merata dan terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Menurutnya, para atlet karate ASKI juga sudah mulai bisa berbicara tak hanya di tingkat nasional tapi beberapa atlet ASKI juga sudah mampu mengibarkan merah putih di level internasional.

“Insya Allah prestasi ini akan terus kita tingkatkan, dan kami berkomitmen untuk terus mengembangkan skill para karateka serta yang tak kalah penting adalah membentuk mereka menjadi karateka yang berkarakter mulia,” ungkap Saifullah.

3. Hadirkan karateka DAN 8 JKA

Jateng Raih 8 Medali Emas di Kejurnas Karate ASKI 2024Pemegang DAN 8 Japan Karate Association (JKA) sekaligus Senior Managing Director JKA Head Quarters (JKA-HQ) World Federation, Sihan Seizo Izumiya (kedua dari kanan).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Dalam Kejurnas ASKI 2024, PP ASKI juga menggelar latihan bersama dan seminar nasional dengan menghadirkan Pemegang DAN 8 Japan Karate Association (JKA) sekaligus Senior Managing Director JKA Head Quarters (JKA-HQ) World Federation, Sihan Seizo Izumiya.

Kehadiran Seizo menurut Ketua Dewan Guru ASKI, Ucok Marisi Sihotang menjelaskan, sebagai Instruktur International JKA karena memiliki sederet prestasi, salah satunya menjadi juara Kata dan Kumite di All Japan Karate, sebuah kompetisi tahunan yang digelar oleh JKA sejak tahun 1956.

Momen kejurnas ASKI 2024 selain meningkatkan kualitas dan teknik juga mensosialisasikan posisi ASKI sebagai organisasi yang berafiliasi ke JKA WF agar sejajar dengan perguruan besar lain di Indonesia karena JKA adalah organisasi terbesar dan tertua di dunia.

4. ASKI proritas didik karakter

Jateng Raih 8 Medali Emas di Kejurnas Karate ASKI 2024Perguruan karate ASKI yang mengedepankan pendidikan karakter dalam setiap latihan. (IDN Times/Tangkapan layar)

Seperti diketahui, ASKI merupakan penyempurnaan dari Perguruan Karate AMURA dan terus meningkatkan kualitas para karateka baik dari segi teknik maupun karakter.

ASKI diharapkan menjadi lembaga pendidikan non formal yang mampu membentuk karakter peserta didiknya menjadi manusia yang lebih baik melalui latihan karate.

Selain tropi para juara dari nomor kumite dan kata para karateka yang ikut Kejurnas ASKI 2024 mendapatkan piagam dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

5. Kejurnas sebagai regenerasi

Jateng Raih 8 Medali Emas di Kejurnas Karate ASKI 2024Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Luar Negeri PB FORKI Darly Siregar.IDN Times/Tangkapan layar/Antara)

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Luar Negeri PB FORKI Darly Siregar yang mewakili Ketua Umum PB FORKI Hadi Tjahjanto mengatakan kejuaraan yang dilakukan PP ASKI merupakan turnamen yang harus dilakukan untuk pembinaan dan proses regenerasi atlet.

"Kejuaraan yang dilakukan oleh PP ASKI memang harus dilakukan oleh setiap perguruan karate yang berada di bawah PB FORKI karena di situ adalah proses pembinaan dan menggali potensi-potensi atlet yang ada,"pungkasnya.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya