Selamat! Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Bulu Tangkis ASBC 2024

Tim putra dan putri mendapatkan emas

Intinya Sih...

  • Tim beregu putri Indonesia meraih emas setelah mengalahkan Thailand dengan skor 3-2.
  • Tim beregu putra Indonesia berhasil meraih medali emas dengan kemenangan 3-0 atas Malaysia.
  • Kedua tim Indonesia berhasil mendapatkan prestasi gemilang di ajang 8th Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024.

Semarang, IDN Times - Tim beregu putra dan putri Indonesia mengukir prestasi gemilang di ajang 8th Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 yang berlangsung di GOR USM Semarang. Kedua tim berhasil meraih medali emas setelah melalui laga yang penuh tantangan di kejuaraan antarsekolah se-Asia tersebut.

1. Tim putri taklukkan Thailand

Selamat! Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Bulu Tangkis ASBC 2024Cuplikan pertandingan final tim putri tim Indonesia melawan Thailand di ajang Kejuaraan Bulu Tangkis 8th Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Semarang. (Dok. Kemenpora)

Tim beregu putri Indonesia menunjukkan semangat juang yang tinggi saat menghadapi Thailand. Meskipun awal pertandingan terasa berat, perjuangan mereka berbuah manis dengan skor akhir 3-2, Rabu (28/8/2024).

Pertandingan dimulai dengan tunggal putri pertama, di mana Shandy Tirani Mahesi dari PB Djarum harus mengakui keunggulan Kamika Patitanara dari Thailand dengan skor 15-21, 16-21.

Di pertandingan kedua, ganda putri Angelita Magdalena Yusup dan Rasi Joase Niakhe Munajad berusaha keras tetapi kalah 19-21, 21-15, 16-21 dari pasangan Thailand Jitaphat Thanaphufid dan Worakorn Chitcharoen.

Setelah Indonesia tertinggal 0-2, Ni Ketut Winda Suryaningtyas berjuang di tunggal putri ketiga, namun kalah 16-21, 21-18, 19-21, membuat skor menjadi 2-1. Ketegangan meningkat saat ganda putri Kezia Parangin Angin dan Zalfa Nazhira Hidayat kalah 22-20, 23-21, sehingga kedudukan menjadi imbang 2-2.

Di pertandingan penentuan, Fatimah Azzahra mengamankan kemenangan bagi Indonesia dengan skor 10-21, 18-21 atas Peeraya Wechawong, memastikan tim beregu putri Indonesia meraih medali emas.

Baca Juga: Kemenangan Sempurna Tim Indonesia di Kejuaraan Bulu Tangkis ASBC 2024

2. Tim putra kalahkan Malaysia

Selamat! Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Bulu Tangkis ASBC 2024Cuplikan pertandingan final tim putra tim Indonesia melawan Malaysia di ajang Kejuaraan Bulu Tangkis 8th Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Semarang. (Dok. Kemenpora)

Sementara itu, tim beregu putra menunjukkan performa yang luar biasa dengan kemenangan 3-0 atas Malaysia. Tunggal putra pertama, yang diwakili oleh Datu Anif Isaac Bin Datu Asra dari Malaysia, terpaksa mundur karena cedera di set kedua, sehingga memberikan Indonesia keunggulan awal.

Di pertandingan kedua, pasangan ganda putra Alexius Ongkytama Subagio dan Aquino Evano Kennedy Tangka meraih kemenangan 21-15, 21-17. Adriel Ferdinand Leonardo menutup laga dengan kemenangan 23-21, 21-16 atas Branson Hee Hek Fung, memastikan tim putra juga meraih medali emas.

3. Target terpenuhi

Selamat! Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Bulu Tangkis ASBC 2024Cuplikan pertandingan final tim putra tim Indonesia melawan Malaysia di ajang Kejuaraan Bulu Tangkis 8th Asian School Badminton Championship (ASBC) 2024 di Semarang. (Dok. Kemenpora)

Dari hasil itu, tim putra dan putri Indonesia berhasil mendapatkan medali emas.

Ketua Tim Delegasi Indonesia Luluk Hadiyanto mengatakan, kemenangan tim beregu putra dan putri Indonesia menjadi kebanggaan timnas ASBC 2024 dengan komposisi baru yang di luar ekspektasi.

"Saya merasa bersyukur atas pencapaian tim beregu putra dan putri Indonesia, namun demikian, untuk beregu putri ada yang perlu dievaluasi yaitu ketika sudah unggul 2-0 justru pemain-pemain muda Indonesia gagal memastikan keunggulan dan bahkan tim beregu putri Thailand menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat tunggal kedua dan ganda kedua," katanya dilansir keterangan resmi.

Selanjutnya, tim Indonesia akan berlaga di nomor perorangan yang dijadwalkan berlangsung mulai 29--31 Agustus 2024. 

Baca Juga: ASBC 2024, Momentum Tingkatkan Prestasi dan Persahabatan Pelajar Asia

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya