Kudus Sukun Badak Siap Pikul Nama Jateng di Proliga 2024

Tim yang minim jam terbang di Proliga

Intinya Sih...

  • Kudus Sukun Badak, tim voli Jawa Tengah, akan ikut Proliga 2024
  • Tim ini berasal dari Kabupaten Kudus dan berbasis di Pabrik Rokok Sukun
  • Mereka sudah ikut Proliga pada 2022 dan 2023 tanpa meraih hasil memuaskan

Kudus Sukun Badak merupakan tim voli putra kebanggan asal Provinsi Jawa Tengah. Ini karena mereka memang berdomisili di Kabupaten Kudus. Saat ini, tim voli Kudus Sukun Badak sukses mengangkat nama daerahnya sekaligus provinsi lewat ranah olahraga bola voli.

Kudus Sukun Badak sendiri akan mengikuti Proliga 2024 dalam waktu dekat. Mereka akan mentas di kejuaraan bola voli paling bergengsi se-Indonesia itu pada 25 April—21 Juli 2024. Ini menjadi periode ketiga Sukun Badak ikut serta di Proliga setelah sebelumnya pernah tampil pada 2022 dan 2023.

1. Kudus Sukun Badak adalah tim voli yang minim jam terbang di Proliga

Kudus Sukun Badak Siap Pikul Nama Jateng di Proliga 2024Kudus Sukun Badak saat berlaga di Nusantara Cup 2024. (instagram.com/sukunbadakvolleyball)

Kudus Sukun Badak merupakan tim voli bentukan Pabrik Rokok Sukun yang berbasis di Kudus, Jawa Tengah. Awalnya, tim ini hanya menjadi tempat perkumpulan antarkaryawan untuk perusahaan rokok tersebut. Tim Sukun Badak kemudian berkembang jadi tim semiprofesional dengan mengikuti banyak turnamen bola voli tarkam di berbagai daerah.

Dahulunya, Kudus Sukun Badak sempat dikenal dengan nama Sukun Surya Muda. Itu terjadi saat mengarungi Liga Bola Voli Indonesia (Livoli). Tim Sukun Surya sempat tampil Livoli Divisi Utama 2017 (strata ke-1) dan Livoli Divisi I 2018 (strata ke-2). Kemudian, Pabrik Rokok Sukun sebagai pemilik mengubah nama tim menjadi Kudus Sukun Badak sejak 2019.

Pada 2019, Tim Sukun Badak kembali meneruskan langkah Tim Sukun Surya Muda untuk mentas di Livoli Divisi I. Selanjutnya, mereka mulai serius mengembangkan tim. Benar saja, puncak perkembangan Tim Sukun Badak terjadi saat mendaftarkan diri untuk mengikuti gelaran Proliga 2022.

Baca Juga: 5 Olahraga yang Dianjurkan Oleh Rasulullah, Bisa Kamu Ikuti

2. Belum memiliki pengalaman positif di Proliga

Kudus Sukun Badak Siap Pikul Nama Jateng di Proliga 2024Kudus Sukun Badak saat berlaga di Nusantara Cup 2024. (instagram.com/sukunbadakvolleyball)

Bisa dikatakan, Kudus Sukun Badak merupakan tim voli pendatang baru untuk kategori putra di Proliga. Ini karena mereka baru mengikuti kejuaraan paling bergengsi se-Indonesia tersebut pada 2022. Walau demikian, hal itu sudah menjadi keputusan tepat jika Tim Sukun Badak ingin meningkatkan muruah sebagai tim voli asal Jateng yang diakui keberadaannya.

Selama ini, Tim Sukun Badak belum mampu berbicara banyak saat mentas di Proliga. Pada musim debutnya, mereka gagal melenggang ke babak final four Proliga 2022. Sukun Badak diketahui hanya mengakhiri kompetisi dengan finis di setrip ke-5 selama dipimpin pelatih Rohadi Mulyo pada tahun tersebut.

Tak berbeda jauh, Tim Sukun Badak juga mendulang torehan tidak memuaskan saat berkiprah di Proliga 2023. Mereka terseok-seok pada babak penyisihan grup. Hasil itu kembali membuat Sukun Badak gagal merebut tiket final four yang sejatinya membuka jalan untuk menyabet mahkota juara Proliga 2023.

3. Kudus Sukun Badak kembali mencoba peruntungan di Proliga 2024

Kudus Sukun Badak Siap Pikul Nama Jateng di Proliga 2024Kudus Sukun Badak saat berlaga di Nusantara Cup 2024. (instagram.com/sukunbadakvolleyball)

Meski selalu gagal meraup hasil terbaik, Kudus Sukun Badak nyatanya tidak mau menyerah begitu saja. Ini terbukti setelah mereka kembali mencoba peruntungan untuk mentas di Proliga 2024. Dengan begitu, Tim Sukun Badak telah melewati periode ketiganya manggung di kejuaraan voli nasional paling elite ini.

Proliga 2024 sendiri akan dimulai pada 25 April—21 Juli mendatang. Nantinya, turnamen ini diselenggarakan di sembilan kota, di antaranya Yogyakarta, Semarang, Palembang, Pontianak, Bandung, Gresik, Malang, Kediri, dan Solo. Ada setidaknya 14 tim dengan rincian 7 tim putra dan 7 tim putri yang akan meramaikan Proliga 2024. Inilah daftarnya.

Tim putra:

  1. Jakarta LavAni Allobank;
  2. Jakarta Bhayangkara Presisi;
  3. Jakarta STIN BIN;
  4. Jakarta Pertamina Pertamax;
  5. Jakarta Garuda Jaya;
  6. Palembang Bank SumselBabel;
  7. Kudus Sukun Badak.

Tim putri:

  1. Bandung Bank bjb Tandamata;
  2. Gresik Petrokimia Pupuk Indonesia;
  3. Jakarta Pertamina Enduro;
  4. Jakarta Popsivo Polwan;
  5. Jakarta BIN;
  6. Jakarta Elektrik PLN;
  7. Jakarta Livin Mandiri.

Kudus Sukun Badak menjadi satu-satunya tim voli asal Jawa Tengah yang akan bermain di kejuaraan elite nasional Proliga 2024. Kali ini, mampukah mereka membuat kejutan setidaknya dengan menembus babak final four?

Baca Juga: Tim Voli Putra SKN BDK Kudus Dominan di Nusantara Cup 2024

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya