Profil Braif Fatari, Pemain Muda Persis Solo yang Bertalenta

Eks penggawa Timnas Indonesia

Persis Solo terus berburu pemain muda jelang menghadapi gelaran Liga 1 Indonesia 2024/2025. Ini dapat dibuktikan ketika mereka resmi mendatangkan pemain berusia 22 tahun asal Manado, Sulawesi Utara. Pemain itu bernama Braif Fatari.

Braif Fatari merupakan pesepak bola yang memiliki bakat mumpuni sebagai gelandang hingga striker di atas lapangan. Dia sendiri didatangkan Persis dari klub Liga 2, Nusantara United FC. Kini, Braif bakal berupaya mengembangkan kariernya bersama Tim Laskar Sambernyawa di Liga 1 2024/2025.

Baca Juga: Profil Eduardo Kunde, Bek Persis Solo Berkebangsaan Brasil

1. Lulusan Garuda Select dan akademi Persija Jakarta

Profil Braif Fatari, Pemain Muda Persis Solo yang BertalentaBraif Fatari (instagram.com/braiffatari12)

Braif Fatari adalah pemain jebolan Tim Garuda Select pada 2019. Tak berselang lama, ia bergabung dengan tim akademi Persija Jakarta. Braif bertahan cukup lama untuk menimba ilmu di sana hingga pertengahan 2020.

Braif Fatari kemudian dipromosikan ke tim senior Persija Jakarta pada 30 Oktober 2020. Ia mendapat pelajaran yang berharga selama memperkuat tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut. Dikatakan seperti itu karena sang pemain diikat dengan durasi kontrak cukup lama hingga Januari 2023. 

Selama itu, Braif Fatari menorehkan statistik yang cukup apik selama di Persija. Ini terbukti usai ia mencatat sedikitnya 3 gol dari 29 penampilan di berbagai ajang. Braif pun diandalkan Persija saat berkompetisi di Piala Menpora 2021 serta Liga 1 Indonesia 2021/2022 dan 2022/2023.

2. Menorehkan satu prestasi bersama Persija

Profil Braif Fatari, Pemain Muda Persis Solo yang BertalentaBraif Fatari saat membawa trofi Piala Menpora 2021 yang diraih bersama Persija Jakarta. (instagram.com/braiffatari12)

Tidak hanya itu, Braif Fatari turut memiliki pengalaman penting lain selama membela Persija Jakarta. Itu lantaran kebersamaan mereka pernah berbuah satu prestasi. Rupanya, Braif berhasil mempersembahkan gelar juara Piala Menpora 2021 untuk Tim Macan Kemayoran.

Kesuksesan itu sendiri tercipta setelah mereka menang atas Persib Bandung pada final Piala Menpora 2021. Dalam duel tersebut, Persija menang dengan skor agregat 4-1. Macan Kemayoran menundukkan Persib 2-0 pada final leg pertama, serta kembali menang 2-1 pada final leg kedua.

Menariknya, Braif Fatari berhasil unjuk gigi ketika membawa Persija menang atas Persib pada final leg pertama Piala Menpora 2021. Itu terjadi setelah ia membukukan satu gol. Di sisi lain, Braif telah berkontribusi 1 gol dari 4 laga (212 menit) untuk Persija sepanjang Piala Menpora 2021.

3. Sempat bermain untuk Persik Kediri dan Nusantara United FC

Profil Braif Fatari, Pemain Muda Persis Solo yang BertalentaBraif Fatari (instagram.com/braiffatari12)

Perjalanan karier Braif Fatari ternyata tidak berhenti sampai di Persija Jakarta. Ini karena ia melanjutkan karier bersama Persik Kediri pada 2023. Kala itu, ia bermain untuk tim asal Jawa Timur tersebut pada putaran kedua Liga 1 Indonesia 2022/2023.

Hanya saja, kiprah Braif Fatari tidak berkembang di Persik. Ia hanya mendapat kesempatan 13 menit tampil saja (dalam 1 laga) sepanjang putaran kedua Liga 1 2022/2023. Karena tak diberi kesempatan lebih, Braif pun mencari peruntungan ke Nusantara United FC untuk mengarungi Liga 2 2023/2024.

Tak berbeda jauh, kipraf Braif Fatari juga tidak melesat di Nusantara United. Ia hanya membukukan 1 assist dari 11 penampilan (684 menit) di Liga 2 2023/2024. Braif akhirnya berpisah dengan Nusantara United pada akhir kompetisi. Kemudian, ia berlabuh ke Persis Solo untuk menyongsong Liga 1 2024/2025.

4. Mantan pemain Timnas Indonesia

Profil Braif Fatari, Pemain Muda Persis Solo yang BertalentaBraif Fatari (instagram.com/braiffatari12)

Braif Fatari merupakan pemain muda yang pernah mengabdi untuk Timnas Indonesia di pentas internasional. Ia pernah menjadi bagian dari Indonesia U-19, U-22, dan U-23. Akan tetapi, kiprah Braif selalu tak optimal di timnas hingga tak aktif memperkuat lagi pada 2024 ini.

Menariknya, Braif Fatari juga merupakan mantan dari pemain timnas senior Indonesia. Debutnya terjadi saat ia dipercaya Shin Tae Yong untuk melawan Oman dalam laga persahabatan internasional pada 29 Mei 2021. Namun, setelah itu, Braif tidak pernah masuk dalam skuad Garuda lagi hingga saat ini.

Braif Fatari menjadi satu dari sekian banyak kekuatan muda Persis Solo jelang menyongsong Liga 1 Indonesia 2024/2025. Menurut kamu, apakah Braif Fatari mampu memberikan kontribusi yang optimal dalam semusim penuh untuk Tim Laskar Sambernyawa?

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Stopper Persis Solo Mochammad Zaenuri

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya